Kue Natal Raksasa Dibuat di Jerman Seberat 5 Ton

Internasional / 17 December 2010

Kalangan Sendiri

Kue Natal Raksasa Dibuat di Jerman Seberat 5 Ton

Lois Official Writer
3426

Di Dresden dibuat kue raksasa seberat lima ton atau 4.200 kg. Kue itu dibuat sepanjang lebih dari 10 kaki. Untuk memasak kue itu dibutuhkan waktu dua hari. Nama kue itu disebut Stollen. Kue tradisional ini muncul pada saat Natal di sebuah festival di Dresden, Jerman pada awal pekan Desember. Kue ini di Jerman disebut dengan Weihnachtsstollen atau Christstollen.

“Saya sangat bangga bahwa Stollen ini tidak hanya besar tapi juga enak.” kata ahli pembuat roti Rene Krause menjelaskan. “Kami memotong-motong kue raksasa itu dan menjualnya untuk amal dan tidak bersisa bahkan remah-remah sekali pun,” ujarnya seperti dikutip dari metro.co.uk pada hari Jumat (17/12).

Kue Stollen ini adalah kue yang berisi buah-buah kering, bisa juga dibuat dari buah yang dipotong-potong maupun kacang. Kue ini ditutupi oleh gula dan dilapisi gula atau lapisan es.

Selain di Jerman, ada juga kue yang mirip dengan kue Stollen yang berada di Belanda yang disebut sebagai Kerststol. Sementara itu, di Italia ada Panettone yang juga serupa. Tradisi membuat kue Natal Stollen ini sudah sangat lama dilakukan, yaitu sejak abad ke-15.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami