7 Perawatan Mata Yang Perlu Anda Tahu

Solusi Sehat / 6 December 2010

Kalangan Sendiri

7 Perawatan Mata Yang Perlu Anda Tahu

Lestari99 Official Writer
6235

Sebagaimana sebuah pepatah populer mengatakan, “Mata adalah jendela jiwa”, melalui mata Anda dunia dapat melihat apa yang ada di dalam hati dan pikiran Anda. Dan juga melalui mata, Anda dapat melihat keindahan dan keajaiban dunia ini. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara terbaik merawat mata Anda agar dapat tetap berfungsi dengan baik sepanjang umur Anda. Berikut adalah 7 tips merawat mata yang perlu Anda ketahui agar dapat tetap berfungsi dengan sempurna.

1. Vitamin Untuk Mata Anda

Nutrisi yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin yang baik bagi mata dan penglihatan Anda adalah beta-karoten atau vitamin A, vitamin B12, asam folat, vitamin C dan vitamin E. Lutein juga dikatakan dapat memperkuat makula, daerah di retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan pusat.

2. Pakailah Kacamata Pelindung UV

Sinar ultraviolet matahari dapat membahayakan mata Anda. Sinar UV dapat merusak jaringan sensitif mata. Kerusakan mata ini dimanifestasikan melalui kondisi seperti photokeratitis dan photoconjunctivitis. Kondisi-kondisi ini serupa dengan kulit Anda yang terbakar sinar matahari. Terkena sinar matahari dan sinar UV dapat meningkatkan resiko Anda menderita katarak dan penyakit mata lainnya.

3. Jangan Menggosok Atau Mengucek Mata Anda

Jangan menggosok atau mengucek mata Anda ketika terganggu partikel debu maupun benda asing. Hal ini dapat menyebabkan kornea tergores. Sebaliknya, cobalah untuk mengedipkan mata secara cepat. Mengedipkan mata dengan cepat akan menyebabkan pembentukan air mata yang diharapkan dapat membersihkan partikel atau meringankan iritasi. Anda juga dapat membilas mata Anda dengan larutan garam maupun air dingin.

4. Hapus Riasan Mata

Riasan mata memgandung bahan yang dapat mengiritasi mata bila digunakan dalam jangka waktu lama. Hapuslah riasan mata dan cuci muka Anda sebelum tidur. Aktivitas ini juga akan menjaga kulit di sekitar mata Anda tetap sehat.

5. Istirahatkan Mata Anda

Mata Anda sebagaimana otot tubuh lainnya memerlukan istirahat secara berkala. Bila Anda kurang mengistirahatkan mata Anda dapat menyebabkan kelelahan mata. Istirahatkan mata Anda setiap 30 menit saat menggunakan komputer. Cara terbaik untuk mengistirahatkan mata Anda adalah dengan menutup mata dan menghalangi cahaya mengenai mata. Anda juga dapat melihat ke permukaan yang berwarna hijau atau biru untuk mengistirahatkan mata Anda.

6. Lakukan Olahraga Mata

Olahraga mata dapat memberikan penglihatan yang sehat dan memperkuat otot-otot mata Anda. Berikut adalah olahraga ringan yang dapat Anda lakukan pada mata Anda. Putar bola mata searah jarum jam. Pertama melihat ke atas, ke kanan, ke bawah, ke kiri dan terakhir melihat ke tengah. Lakukan putaran searah jarum jam ini sebanyak lima kali kemudian beralih ke putaran yang berlawanan dengan jarum jam.

7. Kunjungi Dokter Mata Anda

Atur jadwal pertemuan dengan dokter mata Anda setidaknya sekali dalam setahun. Dokter dapat memeriksa kondisi penglihatan Anda. Dokter Anda juga dapat mengidentifikasi masalah mata apapun dan pengobatan yang tepat bagi masalah tersebut.

Merawat mata tidak memerlukan perubahan gaya hidup yang ekstrim. Anda hanya perlu membuat pilihan sadar untuk mengonsumsi nutrisi yang baik, menggunakan mata Anda dengan baik dan latihan lainnya. Hidup dalam kegelapan tidaklah mudah jadi pastikan Ada tidak mengorbankan mata dan penglihatan Anda dengan sia-sia.

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami