Polisi Bakal Tilang Pengguna HP Di Jalan

Nasional / 2 December 2010

Kalangan Sendiri

Polisi Bakal Tilang Pengguna HP Di Jalan

daniel.tanamal Official Writer
2838

Untuk seluruh warga Negara Indonesia terutama di Ibukota Jakarta, yang masih suka menelpon atau menulis SMS sambil mengemudi bersiaplah, polisi akan datang menilang anda. kebiasaan buruk ini selain membahayakan diri dan orang lain, ternyata juga melanggar peraturan. 

Terhadap pelanggaran ini aparat kepolisian akan langsung menindak tegas pengendara kendaraan bermotor yang mengendarai kendaraan sembari menggunakan telepon genggam, demikian hal itu disampaikan oleh Komisaris Besar Royke Lumowa, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Di jalan sambil SMS-an (short message service), telepon, atau BBM-an (blackberry messenger)itu berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Selama ini, anggota di lapangan masih memberikan toleransi terhadap pengendara yang melakukan aktivitas lain seperti menelpon. Namun, kedepannya akan langsung dilakukan penilangan," tegas Royke kepada wartawan, Rabu (1/12/2010).

Tindakan tegas ini bukan hanya sekedar wacana. Dua pengendara yang menggunakan telepon genggam langsung ditilang dalam operasi Zebra Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang berakhir pada Rabu (1/12/2010). "Dalam operasi Zebra penilangan pengguna telepon genggam sudah dilakukan. Ada dua orang pengendara yang ditilang karena menggunakan telepon genggam saat mengemudi," katanya.

Tingginya tingkat kecelakaan menjadi alasan utama penilangan dan penindakan ini diberlakukan. "Operasi Zebra 2010 menjadi titik tolak bagi petugas untuk tidak lagi melakukan teguran terhadap pengemudi yang masih saja menggunakan telepon genggam saat mengemudi melainkan langsung ditilang," jelasnya terakhir.

Bijak memilih dan menggunakan alat komunikasi pada situasi dan kondisi tertentu adalah pilihan cerdas menghindari kerugian yang akan dialami diri kita dan orang lain. Karena jika nyawa kita melayang akibat acuh dan apatis terhadap aturan, hal itu sama saja dengan membunuh diri kita sendiri. Satu hal yang mendukakan hati Tuhan dan Iblis bersukaria karenanya.

 

Sumber : kompas.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami