SBY : Siapa Lagi Ini yang Tersangkut Korupsi?

Nasional / 1 December 2010

Kalangan Sendiri

SBY : Siapa Lagi Ini yang Tersangkut Korupsi?

Lois Official Writer
2845

“Dengan menahan nafas, saya tanda tangani, untuk pemberantasan korupsi yang adil dan nyata,” ujar SBY saat berpidato dalam acara Konferensi Pemberantasan Korupsi di Balai Kartini, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (1/12). Konferensi ini disponsori oleh KPK. Hadir dalam acara ini para menteri dan pejabat pemberantasan korupsi.

Presiden SBY prihatin karena banyak pejabat daerah terjerat kasus korupsi. Dia banyak menerima surat izin pemeriksaan dari penyidik untuk memeriksa para pejabat tersebut. Surat izin pemeriksaan itu datang silih berganti. “Entah bupati atau wakilnya, walikota atau wakilnya,” ujarnya. Setiap menerima surat izin untuk diteken, SBY berpikir “Siapa lagi ini?”

Kasus korupsi yang terjadi di badan pemerintahan dan memerlukan penyelidikan itu menyorot banyak modus seperti mark up dan proyek fiktif. SBY juga menyoroti kasus korupsi di sektor perpajakan, karena sektor ini merupakan sumber penerimaan utama negara, bila terjadi penyimpangan maka akan terasa betul. Selain itu, SBY juga menyoroti suap menyuap di wilayah politik. SBY menekankan bahwa pemberantasan korupsi harus intensif dan agresif. Dia mendesak pejabat tidak mengecilkan kampanye agar pejabat tidak jatuh pada korupsi.

Bisa jadi kasus korupsi merajai pemerintahan daerah maupun pusat, tapi tidak ada yang mustahil jika pemerintah mulai berbenah sekarang dan mempunyai orang-orang jujur yang benar-benar mengabdi pada negara tanpa mementingkan kepentingan pribadi. Pemerintah harus bertindak segera untuk memberantas mereka yang menggelapkan uang negara.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami