Indonesia Akan Miliki Jembatan Terpanjang di Dunia

Nasional / 1 December 2010

Kalangan Sendiri

Indonesia Akan Miliki Jembatan Terpanjang di Dunia

Lois Official Writer
4548

Jembatan Selat Sunda mulai digarap serius oleh pemerintah. Keseriusan pemerintah mencuat dari hasil rapat koordinasi gabungan yang digelar oleh Menko Perekonomian bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait termasuk Gubernur Banten. Mereka sudah menyepakati rencana dan perangkat pembangunan Jembatan Selat Sunda sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 36 tahun 2009 tentang Tim Nasional Pembangunan Jembatan Selat Sunda.

Jika sudah terwujud, pemerintah Indonesia berharap bisa melebihi jembatan terindah Golden Gate di California, Amerika Serikat karena jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Yang paling membanggakan adalah jembatan ini akan dibangun dengan memakai otak dan tenaga ahli Indonesia.

“Hasil rapat gabungan itu mengacu pada Pre-Feasibility Study (studi kelayakan) yang dilakukan oleh kontraktor penggagas utama yaitu PT. Bangungraha Sejahtera, yaitu perusahaan yang berada di bawah group milik Tomy Winata. Satu persatu rencana awal seperti jalur kereta api, saluran pipa untuk gas, air, dan listrik mulai menjadi acuan. Kita jalankan ini bersama-sama semua komponen bangsa,” ujar Direktur PT. Bangungraha Sejahtera Agung Prabowo.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, jembatan sepanjang 29 kilometer itu diperkirakan memakan dana hingga Rp 140 triliun. Anggaran itu sudah termasuk dana membangun kereta api dengan jalur ganda. Saat ini semua perangkat yang dibutuhkan untuk pembangunan juga sudah selesai yaitu yang mencakup organisasi, personalia, keterpaduan pekerjaan dan pembentukan tiga kelompok kerja yang membidangi teknis dan lingkungan, pengembangan wilayah ekonomi, serta keamanan dan pendanaan.

Karena besarnya dana yang dibutuhkan, pemerintah berharap anggaran tersebut bisa didanai oleh kalangan swasta, sedangkan pemerintah Propinsi Banten dan Lampung akan menjadi mitra swasta. Menurut Agung, sejumlah investor menyatakan minatnya, khususnya dari China. Sedangkan dari dalam negeri, sejumlah perusahaan yang tertarik yaitu PT. Jasa Marga TBk. dan PLN.

Pelaksanaannya hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden (Kepres), “Kita sudah berada di ujung pembangunan,” kata Hatta Rajasa. Hatta berharap pondasi jembatan itu bisa mulai dibangun pada tahun 2013 atau 2014 oleh para teknisi Indonesia dan selesai dibangun pada tahun 2020. Jembatan ini akan menggunakan teknologi terbaru dan dirancang dengan kekuatan bangunan bisa tahan gempa hingga 9 skala Richter.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami