Jadikan Natal Penuh Makna Melalui Tindakan Nyata

Internasional / 30 November 2010

Kalangan Sendiri

Jadikan Natal Penuh Makna Melalui Tindakan Nyata

Lestari99 Official Writer
3389

Generasi milenium sedang didorong untuk menjadi ‘sedikit lebih bermakna’ pada Natal ini.

Rising Voice, sebuah program edukasi bagi kaum muda yang ingin membantu mengubah kebudayaan, telah meluncurkan kampanye Natal yang mengarahkan konsumen untuk berbelanja pada toko yang memiliki ‘tanggung jawab secara sosial’ – yaitu pengecer yang menyumbangkan sebagian dari keuntungan mereka untuk amal maupun menjual barang yang dibuat oleh mereka yang kurang mampu.

Salah satu perusahaan yang dipromosikan Rising Voice adalah Yobel Market, yang berbasis di Colorado Springs, yang menjual produk kerajinan tangan dengan memanfaatkan pembiayaan usaha mikro dan prinsip-prinsip perdagangan yang adil.

“Mereka yang berusia 20-an menginginkan agar mereka dapat membantu orang lain dengan cara yang nyata,” ujar Dawn McBane, yang mengepalai Rising Voice, dalam sebuah pernyataannya. “Itulah sebabnya kampanye Natal tahun ini menyoroti bagaimana orang dapat hidup dengan menjalani arti sesungguhnya dari perayaan ini: memberikan harapan kepada orang lain dan mengasihi sesama.”

Rising Voice merupakan inisiatif dari Focus on the Family, sebuah organisasi Kristen evangelis terkemuka yang menjangkau lebih dari 220 juta orang di seluruh dunia.

Sepanjang tahun, para generasi muda berinisiatif untuk mendidik rekan-rekan mereka mengenai kemiskinan, perdagangan seks, lingkungan dan masalah sosial lainnya dan melengkapi generasi muda lainnya untuk menghidupi iman mereka berdasarkan Alkitab dengan membantu orang lain secara nyata.

Kampanye ini juga menyediakan komunitas bagi mereka yang berusia 20-an untuk membagikan semangat mereka mengasihi sesama manusia.

“Kami percaya bahwa hidup manusia dalam setiap tahap perkembangannya adalah suci dan berharga – dan kita memiliki Tuhan – yang memberikan tanggung jawab untuk memelihara, melindungi dan mempertahankan setiap generasi,” ujar Rising Voice dalam pernyataannya.

“Itulah sebabnya kami ingin memastikan komitmen kami kepada orang lain untuk mencintai orang lain melalui tindakan nyata bukan hanya sekedar perkataan. Meskipun dialog mengenai isu-isu ini tetap penting untuk membawa perubahan, namun kami tetap mendorong dilakukannya tindakan nyata. Cinta sejati yang menuntut agar orang-orang mendapatkan pendidikan, terhubung dengan orang lain yang peduli dan dapat terlibat dengan gerakan ini.”

Sebagai bagian dari kampanye Natal-nya, Rising Voice telah bermitra dengan Children’s Hope Chest untuk mengumpulkan dana US$ 10.000 melindungi para gadis di Rusia yang diculik dan dipaksa masuk ke dalam perdagangan budak seks.

“Kami memiliki kesempatan untuk melindungi martabat anak manusia yang tidak bersalah melalui sumbangan moneter yang sederhana,” tambah McBane. “Saya tidak dapat memikirkan karunia yang lebih baik yang dapat diberikan bagi mereka di Natal ini.”

Meskipun Rising Voice merupakan penjangkauan generasi muda, McBane mendorong setiap orang dari segala usia untuk mengambil bagian dalam kampanye Natal ini.

Andapun dapat melakukan hal yang sama, bertindak secara nyata dalam mengasihi sesama manusia. Dalam kesempatan ini Jawaban.Com menghadirkan Jawaban Kasih dan mendorong rekan-rekan sekalian berpartisipasi dan terlibat dalam penggalangan dana bagi mereka yang membutuhkan.

Adapun mereka yang menjadi target jawaban kasih saat ini adalah Bapak Timotius, Bapak Thomas Selan dan Ibu Nurmala.

Bapak Timotius, adalah seorang pria sederhana yang merawat dan membina 80 penderita gangguan jiwa. Orang-orang yang kehilangan akal sehat ini seringkali ia pungut dari jalan maupun diserahkan keluarganya karena keluarganya tidak bisa merawat mereka lagi. Motto pelayanannya adalah “Melayani bukan untuk makan, tapi kalau melayani pasti makan”. Bapak Timotius bersama 8 orang pengurus lainnya melayani tanpa digaji. Tuhan memelihara hidup mereka melalui tangan orang-orang yang digerakkan-Nya.

Seperti Bapak Timotius, Bapak Thomas Selan juga terbeban dengan nasib mereka yang mengalami gangguan jiwa. Dimulai dari dua penderita gangguan jiwa yang ia pungut dari jalanan dan ia bawa ke rumahnya sendiri untuk ia rawat dan bimbing hingga sembuh, kini Bapak Thomas Selan memiliki sebuah rumah khusus untuk merawat 10 penderita gangguan jiwa yang ia bina sendiri. Tahun ini (2010), kontrakan rumah binaan ini akan habis masa sewanya, dan mereka harus memperpanjang sewa rumah tersebut. Oleh karena itu, pada Natal tahun ini kami mengajak setiap orang yang tergerak untuk memberikan bantuan uang untuk memperpanjang kontrak rumah penderita gangguan jiwa binaan Bapak Thomas Selan.

Ibu Nurmala adalah seorang wanita muda dengan masa lalu yang suram akibat kekerasan seksual oleh para pria yang ada di sekitarnya. Setelah Tuhan menjamah hidupnya, saat ini Ibu Nurmala mendedikasikan hidupnya untuk membantu wanita-wanita yang pernah bernasib sama dengan dirinya. Lewat Yayasan Rumah Sinar Fajar Pengharapan yang ia dirikan di daerah Bandung 11 tahun lalu, ia menampung gadis-gadis korban perkosaan dan mereka yang hamil di luar nikah serta anak-anak yang tidak diinginkan orangtuanya.

Pada natal tahun ini, segenap member All New Forum JC bersama dengan host Solusi Life pada tanggal 4 Desember 2010 akan memeriahkan Natal bersama dengan mereka yang ditampung Ibu Nurmala khususnya 25 anak yang dirawat di yayasan ini (dimana 13 anak di antaranya masih berusia di bawah 3 tahun). Kita akan bergembira bersama memberikan hadiah susu serta makanan bergizi lainnya kepada anak-anak ini.

Bagi Anda yang ingin membantu dalam bentuk donasi, Anda bisa mengirimkan bantuan Anda ke sini. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi langsung dan terlibat dalam perayaan Natal bersama dengan Yayasan Rumah Sinar Fajar Pengharapan, Anda bisa mendapatkan informasinya di sini.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami