Tugas Guru : Pembentuk Kepribadian Mulia Generasi Muda

Nasional / 25 November 2010

Kalangan Sendiri

Tugas Guru : Pembentuk Kepribadian Mulia Generasi Muda

Lois Official Writer
4904

Hari ini diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Apakah Anda masih ingat ketika Anda sekolah dulu? Bagaimana para guru dengan karakter mereka masing-masing mengajarkan kepada kita ilmu yang mereka punya? Mungkin ada kenangan manis yang Anda ingat, ada juga kenangan yang pahit. Tapi semuanya itu membentuk Anda bukan?

Sebagai bentuk penghargaan terhadap pengabdian para guru untuk memperingati HGN ke-16 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), berbagai kegiatan dilakukan di berbagai daerah di Nusantara. Kegiatan itu antara lain sekitar 15 ribu guru mengadakan gerak jalan di Monas Jakarta. Di Garut, ribuan siswa membuat puisi sebagai kado buat para guru dan di Gedung PGRI Bone, digelar aksi donor darah. Untuk hari yang istimewa ini, google juga membuat tampilan mesin pencariannya secara khusus.

Dalam upacara HGN di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengucapkan terima kasih kepada semua guru Indonesia atas dedikasinya terhadap dunia pendidikan di Indonesia. “Guru memiliki peran penting untuk memajukan pendidikan. Pendidikan yang mampu membangun karakter jujur, teguh, peduli,” kata Nuh.

Menurut Nuh, melalui peringatan HGN tahun ini, ada tiga hal yang dapat dipetik. Satu, HGN sangat baik untuk dijadikan ajang refleksi diri para guru. Kedua, HGN diharapkan menjadi upaya instropeksi. Ketiga, HGN sebagai upaya menatap masa depan lebih baik dan menggapai cita-cita luhur. Berdasarkan hal itu, lanjut Nuh, ada tiga tugas penting yang harus diemban oleh seorang guru, yaitu mengajarkan ilmu, membentuk karakter yang mulia, dan menanam optimisme dan cita-cita positif. “Jika guru berhasil menggabungkan ketiga tugas penting ini, maka sekolah akan menjadi rumah untuk membentuk kepribadian yang mulia bagi anak didik,” tambah Nuh.

Guru merupakan perpanjangan tangan yang dapat membuat generasi penerus menjadi generasi yang bermutu tinggi. Seorang guru seharusnya memiliki ilmu yang dapat mereka berikan kepada generasi muda, mereka mempunyai ketekunan dan kesabaran. Terlebih lagi haruslah bijak dalam memberi pengajaran kepada anak didiknya. Itulah syarat mutlak untuk menjadi seorang guru.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami