Iklan Parfum Beyonce Ditolak Tayang Siang Hari

Internasional / 22 November 2010

Kalangan Sendiri

Iklan Parfum Beyonce Ditolak Tayang Siang Hari

Lestari99 Official Writer
3366

Lembaga Kristen menyuarakan keprihatinannya atas sebuah iklan yang mengumbar seksualitas setelah iklan parfum baru Beyonce dianggap tidak sesuai untuk ditayangkan di televisi pada siang hari.

Advertising Standards Authority (Otoritas Standar Iklan) memutuskan bahwa iklan untuk parfum baru dari penyanyi tersebut, Heat, sangat ‘provokatif secara seksual’ dan karenanya ‘tidak cocok untuk disaksikan oleh anak-anak kecil’.

Iklan tersebut menunjukkan Beyonce menari dengan gerakan yang menggoda dalam gaun yang terangkat dan disertai dengan gerakan provokatif.

ASA mengatakan bagwa iklan tersebut mungkin ‘menjijikkan bagi beberapa orang’ tetapi ‘tidak menyebabkan pelanggaran serius maupun berdampak luas pada sebagian besar pemirsa’, terutama pada orang dewasa dan remaja.

Meskipun demikian, pernyataan ini menguatkan pengaduan dari beberapa pemirsa yang tidak puas karena iklan tersebut ditayangkan pada siang hari di antara program-program keluarga, walaupun sebenarnya telah diberikan batasan-batasan mengenai penayangan iklan pada jam program anak-anak.

ASA mengatakan, “Kami menganggap bahwa iklan tersebut tidak seharusnya ditampilkan sebelum pukul 19.30 karena sifat provokatif seksual dari gambar iklan tersebut.”

Keluarnya putusan tersebut berarti menunjukkan bahwa ikklan tersebut masih dapat ditayangkan setelah pukul 19.30.

Hakim Mike dari The Christian Institute, mengangkat keprihatinan atas dampak dari iklan tersebut kepada para gadis muda.

“Dengan natal yang semakin mendekat, kita dibombardir oleh iklan parfum yang tidak pantas di TV, di jalan-jalan dan juga di pusat-pusat perbelanjaan kita,” ujarnya.

“Iklan ini hanya memancing masyarakat untuk semakin banyak membicarakan seksualitas secara terbuka. Seksualisasi merusak banyak hal dalam masyarakat terutama karena memberikan tekanan pada gadis-gadis muda dan para wanita untuk memiliki gambaran tubuh yang sempurna.”

Hakim Mike kemudian menambahkan, “ASA mengambil tindakan atas iklan ini setelah 14 orang menyuarakan keluhan mereka, yang menunjukkan hanya dibutuhkan beberapa orang untuk mengatakan bahwa sesuatu itu tidak pantas, dan hal ini dapat membuat perbedaan yang nyata.”

Coty, produsen dari parfum Beyonce, membela iklan tersebut dengan mengatakan bahwa iklan tersebut “konsisten dengan tema yang diusungnya. Jika itu di bawah standar, banyak video musik lainnya yang masuk kategori tersebut”.

Awal tahun ini, produser musik legendaris Mike Stock, memperingatkan bahwa anak-anak telah ‘diseksualisasi’ oleh budaya pop akhir-akhir ini. Bahkan orangtua kehilangan keyakinan mereka sebagaimana merek-merek Disney.

“Industri musik telah pergi terlalu jauh. Hal ini bukan lagi tentang saya yang ketinggalan zaman. Ini bicara tentang bagaimana kita menjaga nilai-nilai yang penting dalam dunia modern,” ujarnya.

“Pada hari-hari ini tidak seharusnya Anda menyaksikan bintang-bintang modern – seperti Britney Spears atau Lady gaga – dengan anak yang baru berusia 2 tahun. 99 persen dari chart musik adalah R ‘n’ B dan 99 persen dari itu merupakan pornografi ringan.”

Dunia memang sedang melaju ke dalam kebinasaan yang kekal. Namun sebagai orang Kristen kita harus tetap berjuang hidup di dalam nilai-nilai Kerajaan Allah yang murni dan tak bercacat cela.

Sumber : chritiantoday
Halaman :
1

Ikuti Kami