Inilah yang Terjadi Jika Salah Menggunakan Kata

Nasional / 19 November 2010

Kalangan Sendiri

Inilah yang Terjadi Jika Salah Menggunakan Kata

Lois Official Writer
3200

Kita dapat menarik banyak hikmat dari berbagai kejadian yang kita alami maupun kejadian yang diceritakan oleh orang kepada kita. Salah satu contoh pelajaran yang dapat kita petik yaitu mengenai perkataan, kata-kata apa yang kita keluarkan dari mulut kita, kata apa yang kita pakai atau gunakan untuk sesuatu hal pun dapat menyebabkan masalah bagi kita sendiri. Yang terpenting, berhati-hati dalam berkata-kata karena kata yang kita gunakan mungkin saja tidak baik bagi orang lain.

Coba kita ambil hikmah dari perusahaan mainan asal Amerika Serikat yang bernama Hasbro ini. Mereka membatalkan peluncuran karakter terbaru Transformers di Inggris gara-gara nama model itu berarti kata makian di Inggris. Pencipta Transformers tidak sadar bahwa nama ‘Transformer Spastic’ akan jadi masalah di Inggris karena begitu mereka mengumumkan lewat internet tentang karakter baru itu, reaksi yang ada hanyalah kemarahan.

Kata ‘spastic’ itu sendiri di Amerika adalah bahasa gaul untuk sosok yang canggung atau untuk menggambarkan seseorang yang terlalu girang. Kata ini sering disingkat menjadi ‘spaz’. Mainan itu tetap akan dijual dengan nama aslinya di Amerika Serikat, seperti yang direncanakan pada bulan Januari 2011.

Kata yang sama juga sudah menuai masalah ketika muncul dalam film seri Friends dan juga diucapkan pegolf Tiger Woods. Ucapan Woods juga tidak bermasalah di Amerika Serikat, tapi orang Inggris terkejut dengan kata hinaan itu sehingga Woods terpaksa minta maaf.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami