Cara Warga India Permalukan Koruptor

Nasional / 19 November 2010

Kalangan Sendiri

Cara Warga India Permalukan Koruptor

daniel.tanamal Official Writer
2824

Praktik dan perilaku korupsi yang terjadi tiap harinya di India membuat geram dan resah luar biasa para masyarakatnya. Inisiatif pun muncul untuk mencoba mempermalukan para pelaku korupsi yang terbukti bersalah secara online.

Adalah organisasi nirlaba berbasis di Bangalore, Janaagraha, yang merespons keresahan dan kemarahan yang dirasakan sejumlah warga negara India tadi dengan merancang dan membangun sebuah situs web, IPaidABribe.com (IPAB), Agustus lalu.

Mereka yang marah dan frustrasi dapat memanfaatkan IPAB untuk menceritakan dan saling berbagi tentang praktik korupsi yang mereka alami sehari-hari dalam sebuah forum diskusi. Praktik korupsi dilakukan mulai dari sebuah perusahaan besar yang menipu miliaran dollar Amerika Serikat, kontrak pengadaan kertas tisu toilet perkampungan atlet yang tidak masuk akal saat
event pertandingan olahraga antarnegara anggota persemakmuran (Commonwealth Games) bulan lalu, sampai ke praktik korupsi kecil-kecilan saat membuat akta kelahiran atau surat keterangan pendaftaran sekolah.

India memang terkenal dengan praktik korupsinya. Menurut data badan antikorupsi global, Transparency International, indeks persepsi korupsi India berada di posisi ke-87 atau 10 tingkat di bawah China, dengan skor 3,3 poin dari besaran skor terbaik 10 poin.

Situs web IPAB disambut baik masyarakat India. Sedikitnya 2.000 orang telah mendaftarkan diri mereka dan terlibat aktif menceritakan pengalaman mereka menghadapi perilaku koruptif aparat birokrasi.

Cara seperti ini mungkin bisa dilakukan di negara kita, setidaknya masyarakat punya cara tersendiri yang lebih sederhana namun tepat sasaran. Kritik secara online dapat mengakomodasi aspirasi masyarakat terhadap praktek merugikan yang di Negara Cina hukumannya adalah tembak ditempat alias mati.

 

Sumber : AFP/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami