Surat Provokatif Ahmadinejad Dibalas Paus Dengan Damai

Internasional / 19 November 2010

Kalangan Sendiri

Surat Provokatif Ahmadinejad Dibalas Paus Dengan Damai

daniel.tanamal Official Writer
3697

Paus Benediktus XVI menjawab secara diplomatik dan umum untuk surat resmi dari Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, dan berjanji untuk menemukan upaya umum untuk "perdamaian dan rekonsiliasi" dengan Republik Islam.

Kardinal Jean-Louis Tauran, pejabat Vatikan yang bertanggung jawab atas dialog antaragama dengan Muslim, merilis tulisan tangan yang disampaikan Paus pada 3 November lalu kepada Ahmadinejad saat berkunjung ke Teheran untuk konferensi.

Benediktus membalas surat dari pemimpin Iran itu yang sebelumnya menyebut bahasa yang agresif terhadap Israel dan ambisi nuklir telah menyebabkan konfrontasi dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya.

Dalam suratnya juga, Ahmadinejad menyerukan upaya bersama melawan sekularisme dan "struktur tirani yang mengatur planet ini" dan berterima kasih kepada Vatikan untuk mengutuk rencana pendeta di Florida untuk membakar salinan Alquran.

Diberitakan Benediktus tidak menjawab masalah itu dengan keras, tetapi menulis dalam istilah yang lebih umum tentang dasar-dasar etika dan agama damai.

Dalam suratnya Paus menginginkan perdamaian yang harus benar-benar terwujud untuk semua umat manusia "Perdamaian adalah, di atas segalanya, hadiah dari Tuhan, yang dicari dalam doa, tetapi juga hasil dari upaya orang-orang yang mempunyai pikiran bijak," tulis Paus.


 

Sumber : stltoday/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami