Cendikiawan Satukan Potensi Indonesia Untuk Bangun Bangsa

Nasional / 18 November 2010

Kalangan Sendiri

Cendikiawan Satukan Potensi Indonesia Untuk Bangun Bangsa

Lois Official Writer
2903

Puluhan Ilmuwan Indonesia di luar negeri yang tergabung dalam wadah Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) merencanakan untuk ‘pulang kampung’ bersama. Kepulangan mereka ke Indonesia bukan hanya untuk bernostalgia atau mengobati rasa rindu, tapi mereka akan berkumpul dan duduk bersama untuk mencari solusi permasalahan bangsa sesuai bidangnya masing-masing dalam acara International Summit (IS 2010) yang digelar pada tanggal 16-18 Desember 2010 di Jakarta.

Acara yang dimotori oleh organisasi I4 dan Kementrian Pendidikan Nasional ini bermaksud untuk mengumpulkan kembali pahlawan-pahlawan intelektual dan cendikiawan potensial Indonesia yang tersebar di seluruh dunia. Mereka mengharumkan nama Indonesia di luar negeri melalui prestasi intelektual dan keprofesian mereka masing-masing meski mungkin namanya tak pernah terdengar.

Beberapa pahlawan intelektual yang telah menyatakan hadir di antaranya Prof. Dr. Iwan Jaya Aziz dari Cornell University, Prof. Dr. Ken Soetanto dari Waseda University, Dr. Juliana Sutanto dari ETH Zurich, Dr. Yow – Pin Lim dari Brown University, Dr. Nelson Tansu dari Lehigh University.

Pertemuan Internasional Summit ini sendiri akan terbagi dalam 11 cluster kajian untuk membahas permasalahan yang lebih spesifik. Cluster kajian tersebut antara lain : Kedokteran dan Bioteknologi, Energi, Informasi dan Teknik Elektro, Pendidikan, Perencanaan Wilayah dan Lingkungan, Rekayasa Industri dan Robotika, Ilmu Sosial, Humaniora, Percepatan Pembangunan Ekonomi, Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Teknologi dan Ketahanan Pangan.

Yang menarik adalah acara ini diharapkan akan dapat menyatukan kembali kekuatan potensi bangsa Indonesia di seluruh dunia untuk bangkit dalam membangun masa depan Indonesia. “Acara ini akan memberikan inspirasi dan harapan kepada generasi muda yang kelak akan melanjutkan pembangunan tanah air tercinta,” kata Dr. Rer. nat Johny Setiawan, sebagai wakil ketua I4 yang merupakan salah satu ilmuwan Indonesia yang bekerja di Max Planck Institute, Jerman.

Panitia juga mengundang berbagai pihak seperti akademisi, praktisi, pelajar di Indonesia dan luar negeri untuk mengikuti jalannya International Summit tersebut, yang rencananya juga akan dipancarluaskan melalui jaringan Radio Perhimpunan Pelajar Indonesia (Radio PPI Dunia).

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami