Adakah Hak Manusia untuk Membuat Tabung Bayi?

Internasional / 16 November 2010

Kalangan Sendiri

Adakah Hak Manusia untuk Membuat Tabung Bayi?

Lois Official Writer
3040

Pusat Hukum dan Keadilan Eropa (ECLJ = The European Center for Law) mengutuk pengadilan Strasbourg, Perancis, karena mengumumkan bahwa ‘permintaan seorang bayi’ adalah hak dasar yang dilindungi oleh Perjanjian Eropa. Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa memutuskan bagi pasangan yang tidak subur dapat menggunakan segala cara untuk menciptakan seorang anak, bahkan bila prosedur tersebut dilarang bagi negara mereka karena etik-etik tertentu.

ECLJ menyatakan bahwa keputusan tersebut melemahkan arti tradisional dari kekeluargaan sebagai hal yang ‘biologis dan keturunan’,” dan menolak pertimbangan moral sebagai dasar dari larangan beberapa bentuk pembuahan sehingga memungkinkan bagi beberapa pasangan sejenis yang meminta pertolongan medis untuk menghasilkan anak.

“Keputusan ini dengan legal dan etik tidak dapat diterima, mengurangi kedaulatan negara dalam masalah etik, bukan ini yang disimpulkan dalam Pertemuan Eropa, dan hal ini juga membuka banyak pintu kepada penganiayaan etik lainnya,” kata Gregor Puppinck, direktur ECLJ dalam sebuah pernyataan.

ECLJ adalah sebuah oraganisasi pengacara Kristen yang bekerja untuk melindungi hak orang percaya dalam pujian dan membagikan pesan Tuhan tanpa takut adanya siksaan ataupun diskriminasi di Eropa. ECLJ juga bekerjasama dengan American Center for Law and Justice (Pusat Hukum dan Keadilan Amerika).

Pengadilan tersebut menyatakan bahwa keputusan yang ‘berdasarkan pertimbangan moral atau penerimaan masyarakat’ bukanlah alasan yang cukup untuk melarang penuh dalam penciptaan secara artificial seperti mendonasikan ovarium.”

Kasus ini berawal dari dua orang pasangan Austria yang menyangkal kesempatan untuk memperoleh pertolongan medis dalam mendapatkan anak. Satu pasangan menginginkan pembuahan dengan sperma donor dan pasangan lainnya ingin donasi baik sperma maupun telur. Autria’s Artificial Procreation Act melarang dalam menggunakan materi genetika yang didonasikan untuk tujuan menyediakan hubungan genetika antara anak dan orangtua.

Sumber : wnd/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami