Dua Kali Tertunda, Hari Ini Obama Datang Ke Indonesia

Nasional / 9 November 2010

Kalangan Sendiri

Dua Kali Tertunda, Hari Ini Obama Datang Ke Indonesia

Lois Official Writer
3159

Telah dua kali kedatangan Obama tertunda ke Indonesia. Pada bulan Maret ia berjuang untuk kesehatannya. Pada bulan Juni, Obama saat itu menghadapi pembersihan kebocoran besar minyak BP. Penundaan itu membuat kecewa sebagian orang Indonesia dan bahkan kunjungan kali ini sebelumnya diragukan akibat keprihatinan mengenai abu vulkanik dari Gunung Merapi.

Presiden AS Barack Obama, setelah kunjungan ke India selama tiga hari, selanjutnya akan menuju Indonesia, khususnya Jakarta pada hari ini, Selasa 9 November 2010. Reuters melaporkan bahwa kunjungan ke negara tempat ia empat tahun tinggal saat kanak-kanak itu dilakukan setelah dua kali ditunda karena ‘masalah di dalam negeri’. Kunjungan Obama ke Indonesia dilakukan dalam rangka mendorong hubungan dagang dan keamanan Amerika dengan Indonesia.

Indonesia adalah tujuan penting bagi Obama karena bermacam alasan pribadi dan strategis, kata beberapa pembantu/asistennya. “Kami memandang Indonesia sebagai persimpangan yang sangat banyak buat kepentingan utama Amerika, dan kami memandangnya sebagai mitra yang sangat penting bagi masa depan kepentingan Amerika di Asia dan dunia,” kata Ben Rhodes, Wakil Penasehat Keamanan Nasional Obama Urusan Komunikasi Strategis.

Obama dan Presiden SBY direncanakan menandatangani ‘Kemitraan Menyeluruh’, yang mereka sepakati tahun lalu. Kesepakatan tersebut mencakup masalah keamanan, ekonomi, dan hubungan orang per orang, kata Jeffrey Bader, Penasehat Obama Urusan Asia. Indonesia merupakan pasar terbesar ke-37 bagi ekspor barang Amerika senilai 6 miliar dolar AS, demikian keterangan dari Kamar Dagang AS.

Obama juga dijadwalkan akan berpidato terbuka dalam kunjungannya ke Mesjid Istiqlal, pidato yang diperkirakan para pembantunya akan menarik banyak orang. Ibu Negara Michelle Obama, yang menyertai Obama ke India, juga ikut dalam kunjungan ke Indonesia sebelum kembali ke Amerika Serikat.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami