Pengungsi Hampir 300 Ribu, Jumlah Relawan Masih Kurang

Nasional / 8 November 2010

Kalangan Sendiri

Pengungsi Hampir 300 Ribu, Jumlah Relawan Masih Kurang

Lois Official Writer
2524

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan bahwa pengungsi akibat letusan Gunung Merapi sudah mencapai 283 ribu orang di seluruh provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini disampaikan presiden ketika mengunjungi salah satu pusat penampungan pengungsi di Stasiun Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada hari Minggu (7/11) yang saat ini sudah menampung sekitar 30.000 pengungsi.

Keadaan di sana masih jauh dari stabil. Asap hitam masih terlihat membumbung di udara. Bunyi gemuruh dari perut gunung juga terdengar beberapa kali dalam sehari. Gunung itu belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Bila kondisi ini terus berlangsung, besar kemungkinan para pengungsi tersebut akan bertahan di pusat-pusat pengungsian hingga beberapa pekan ke depan.

“Mau seminggu, dua minggu, berapa pun yah harus tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa ini. Kalau tanggap darurat itu kan dua minggu, nanti diperpanjang lagi dua minggu,” jelas Menteri Sosial Salim Segaf al-Jufri ketika ditanyakan mengenai kesiapan pemerintah untuk mengantisipasi hal ini. Salim juga menjelaskan meskipun kondisi sudah tenang, masyarakat yang berasal dari kaki gunung Merpai tidak bisa pulang karena rumah mereka hancur. “Oleh karena itu, pemerintah akan membuat hunian sementara. Pemerintah daerah akan melihatnya, dimana yang aman untuk masyarakat,” katanya kemudian.

Menurut Slamet Widodo, salah seorang relawan, mengatakan bahwa saat ini, petugas kesulitan membagi-bagikan bantuan secara merata kepada 30.000 pengungsi karena kurangnya jumlah tenaga relawan. “Untuk membagi-bagikan, saya kira jumlah relawan masih belum cukup karena orang masih rebutan di tempat logistic. Yang dapat yah dapat, yang nggak dapat, yah nggak dapat,” jelasnya.

Salah seorang coordinator relawan, Arif Mustaqin, mengatakan pihaknya berupaya mengatasi ini dengan mengefektifkan koordinasi. “Jumlah relawan memang sangat-sangat tidak mencukupi, jadi kami upayakan efektifkan koordinasi,”kata Mustaqin. Namun dari pengamatannya, jumlah relawan pada hari Minggu kemarin lebih banyak daripada Sabtunya. Dan juga personil TNI yang dikerahkan juga tampak semakin banyak.

Sumber : bbcindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami