Pengungsi Merapi Butuh Rp 1M per Hari

Nasional / 3 November 2010

Kalangan Sendiri

Pengungsi Merapi Butuh Rp 1M per Hari

Lois Official Writer
3694

Kebutuhan dana untuk korban di Merapi mencapai Rp 1 miliar per hari. Dana itu digunakan untuk konsumsi pengungsi 3 kali sehari, pelayanan kesehatan, dan pelayanan lain yang menyangkut kenyamanan pengungsi seperti fasilitas air bersih. Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan setidaknya satu bulan ke depan Pemerintah Daerah membutuhkan dana Rp 21 miliar untuk kebutuhan program tanggap darurat bencana Merapi tersebut. “Pemerintah Daerah Sleman baru mempunyai Rp 4 miliar, Pemerintah Propinsi sudah mengalokasikan Rp 5 miliar. Kami berharap Pemerintah pusat bisa segera membantu,” kata Sri Purnomo, Selasa (2/11).

Pengungsi saat ini sudah mencapai 22 ribu jiwa. “Selama Merapi belum aman, kami melarang pengungsi kembali ke rumah. Dan tentunya pemerintah menyediakan kebutuhan mereka di pengungsian,” katanya.

Niat bintang film Hollywood Pamela Anderson menyumbang sebesar US$ 25 ribu atau sekitar Rp230 juta untuk para korban bencana alam di Indonesia ditolak keras Front Pembela Islam. Pasalnya, sumbangan itu berasal dari pembayaran foto-foto telanjang bintang film Baywatch tersebut di majalah Playboy.

“Saya baru saja difoto untuk cover majalah Playboy yang akan terbit Januari. Saya memutuskan untuk melakukan hal ini, sehingga saya bisa menyumbangkan penghasilan dari foto-foto itu untuk para korban tsunami,” kata Anderson di situs webnya. “Ini akan bisa membantu Indonesia, seperti juga Pakistan dan Haiti. Saya merasa sangat terhormat bekerja dengan Playboy lagi untuk membantu kehidupan para korban!” ujarnya.

“Jika dia ingin tetap menyumbang dari hasil foto telanjang, itu berarti dia menantang bencana yang lebih besar terjadi di Indonesia. Itu haram,” kata Habib Umar Salim, Ketua Dewan Penasihat FPI seperti dikutip Metro TV. Salim juga menambahkan, “FPI mengoperasikan pusat bantuan untuk korban Merapi, kenapa tidak Anda (media) menulis tentang hal ini? Jangan hanya menulis bahwa FPI hanya bisa membunuh orang,” kata Salim.

Bukan hanya Pamela Anderson, ada beberapa selebritis dunia yang menaruh perhatian untuk bencana di Indonesia ini. Justin Beiber mengajak setiap orang untuk pray for Indonesia atau berdoa untuk Indonesia, begitu juga Tom Cruise dan Kim Kardashian yang melalui akun pribadi mereka mau berdoa dan peduli terhadap bencana yang terjadi di negara kita. Bagaimana dengan Anda yang tinggal di negeri ini? Jika Anda terbeban untuk membantu, Anda dapat mengirimkan bantuan Anda ke OBI di Rekening BCA OBI nomor rekening 522 030 9292 atas nama Yayasan Obor Berkat Indonesia.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami