ICW : Hanya 24% Janji SBY Soal Korupsi Yang Terlaksana

Nasional / 25 October 2010

Kalangan Sendiri

ICW : Hanya 24% Janji SBY Soal Korupsi Yang Terlaksana

Lois Official Writer
1962

Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai, SBY telah gagal merealisasikan program yang dia canangkan. Program apakah yang dimasukkan SBY? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memasukkan program antikorupsi di 100 hari pertamanya. ICW juga mencatat sepanjang 20 Oktober 2009 sampai Oktober 2010 ini ada 34 pernyataan pemberantasan korupsi yang disampaikan SBY.

“Seratus hari pertama itu tinggi dan menurun ketika 1 tahun pemerintahan,” kata peneliti senior ICW, Donald Fariz, di kantor ICW Minggu 24 Oktober 2010, seperti yang dirilis vivanews. Dia juga mencontohkan kasus mafia hukum Gayus Tambunan.

Menurut ICW, sikap SBY tidak tegas dalam melihat kasus Gayus Tambunan, kasus yang menyeret sembilan orang ke pengadilan karena korupsi maupun orang-orang yang mau bekerja sama dengan para koruptor. SBY juga bungkam saat tidak diterimanya Peninjauan Kembali (PK) jaksa atas praperadilan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP).

Menurut dokumentasi yang ada pada ICW, hanya sekitar 24 persen pernyataan SBY soal pemberantasan korupsi yang terealisasi. “Sisanya, 76 persen pemberantasan korupsi, tidak terealisasi,” kata Donald kemudian. Jadi dari 34 pernyataan SBY tentang korupsi, hanya sekitar 8 kasus yang dilaksanakan.

Itu sebabnya ICW memberi rekomendasi agar, “Presiden SBY sebaiknya mengurangi pidato dan memberi janji, kecuali memang untuk dilaksanakan secara serius, terukur terutama soal pemberantasan korupsi,” kata Koordinator Bidang Hukum ICW, Febri Diansyah.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami