Sekolah Amerika Menghapuskan Doa Dalam Kegiatan Sekolah

Internasional / 22 October 2010

Kalangan Sendiri

Sekolah Amerika Menghapuskan Doa Dalam Kegiatan Sekolah

Lestari99 Official Writer
4492

Sebuah sekolah menengah umum di Tennessee tenggara tidak lagi mengizinkan kegiatan doa sebelum dimulainya pertandingan sepak bola sekolah. Padahal kegiatan doa ini sudah menjadi tradisi selama bertahun-tahun.

Jim Scales selaku inspektur Hamilton County School mengakhiri tradisi doa yang dilakukan dengan menggunakan pengeras suara setelah dua orang mahasiswa di Soddy – Daisy High School yang berada dekat Chattanooga keberatan dengan praktek doa tersebut.

Salah seorang mahasiswa menghubungi Freedom from Religion Foundation, sebuah kelompok yang berbasis mempromosikan pemisahan antara gereja dan negara. Pejabat organisasi tersebut mengirimkan surat keluhan kepada Scales dan memintanya untuk menghentikan doa tersebut.

“Fakta dari masalah ini adalah doa tidak diizinkan dilakukan di tempat umum termasuk saat kelulusan dan sebelum pertandingan sepak bola, dan tidak boleh dilakukan dengan menggunkaan pengeras suara. Doa tidak dapat dilakukan saat upacara wisuda,” ujar Rebecca Markert, pengacara dari Freedom From Religion.

“Sekali seseorang mengangkat masalah ini, kamipun tahu bagaimana aturan pengadilan mengenai hal ini, jadi mungkin wajib bagi kami pada titik ini untuk bertindak dengan bertanggung jawab,” ujar Scales.

Scales menginstruksikan kepada Principal John Maynard untuk menghentikan kegiatan doa tersebut.

Namun, beberapa mahasiswa mengatakan mereka mendukung secara terbuka kegiatan doa sebelum memulai pertandingan di sekolah dan mereka tidak menginginkan kegiatan itu untuk berhenti.

“Saya pikir sebelum bertanding, semua orang harus berdoa bersama kepada Tuhan bagi setiap orang yang terlibat untuk memastikan tidak ada yang terluka dan segala sesuatunya berjalan dengan baik,” ujar salah seorang mahasiswa, Taon Harris.

“Setiap orang yang saya kenal tidak keberatan dengan hal ini,” ujar siswa lainnya. “Mereka melihat hal baik datang melalui doa. Itulah yang kami lakukan di sini.”

Jim Rogers adalah ayah dari manajer tim sepakbola East Hamilton School. Dia berkata kepada Associated Press bahwa doa di tempat umum dilindingi oleh Konstitusi Amerika.

“Negara kami didirikan di atas prinsip hak pilih agama dan kebebasan untuk mengekspresikan keyakinan itu,” ujarnya kepada surat kabar AP.

Aturan baru ini berlaku untuk semua sekolah Hamilton County. Aturan ini juga melarang para guru dan pelatih untuk mengambil bagian dalam kelompok doa selama kegiatan sekolah.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami