Siapakah Otak Penyelamatan Petambang Chile?

Nasional / 16 October 2010

Kalangan Sendiri

Siapakah Otak Penyelamatan Petambang Chile?

Lois Official Writer
3242

Tahukah Anda siapa otak di balik penyelamatan petambang di Chile? Namanya adalah Insinyur Andre Sougarret. Sougarret (46) menjadi figur yang dikenal karena muncul setiap hari di media untuk menyediakan informasi teknis mengenai usaha pencarian dan penyelamatan. Dia belajar teknik pertambangan di Universitas Chile, saat ini sudah menikah dan memiliki tiga anak perempuan. sBerkat dia, wartawan dan penonton mempelajari istilah-istilah yang berhubungan dengan hal teknik seperti strata, teknik memutar, penutup, dan rock-quality designation (RQD) yang menjelaskan berbagai tingkat penyelamatan selama 70 hari itu.

Tetap hal yang mengejutkan ketika melihat Sougarret menangis karena melihat petambang terakhir keluar dari lorong penyelamatan sedalam 622 meter dan kembali bertemu dengan keluarga mereka. “Tujuan utama saya adalah menyatukan kembali para petambang dengan keluarganya, dan setiap kali hal itu terjadi, saya tersentuh,” katanya kemudian. “Saya seorang manusia, saya percaya kepada keluarga, saya pikir mereka perlu bersama-sama, dan setiap kali hal itu terpenuhi, menjadi momen yang sangat emosional untuk saya.”

Tekanan tetap berada di pundak Sougarret yang harus memperhitungkan dimana dan bagaimana menggali lapisan demi lapisan batuan vulkanik dengan peta tambang yang memprihatinkan untuk sampai ke tempat para petambang yang terkurung. Ia juga harus bekerja untuk membuat rencana cadangan bila salah satu metode gagal dilaksanakan. Ini adalah tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penggalian terowongan berdiamer 71 centimeter dengan bor T130 Schramm, memberikan estimasi awal kalau butuh waktu hingga Natal untuk mengeluarkan mereka. Sougarret mengatakan kesuksesan operasi terjadi karena kejelasan tujuan, kejelasan definisi, penyelesaian masalah dengan cara transparan, mengkomunikasikan hal itu, dan bergerak maju untuk membuat keputusan.

Putrinya Ivy mengucapkan selamat kepadanya lewat pesan di Twitter, “Ayah, kamu adalah yang terbaik. Sekarang pulanglah.”

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami