15 Manfaat Sehat Makan Apel

Gizi & Nutrisi / 5 October 2010

Kalangan Sendiri

15 Manfaat Sehat Makan Apel

Lestari99 Official Writer
11001

Banyak dari kita terkadang lupa, bahwa jawaban yang paling sederhana itulah yang terbaik. Kesehatan yang lebih baik bisa jadi semudah meraih mangkuk buah yang berisi apel ketika Anda membutuhkan cemilan. Apa yang membuat apel begitu hebat?

1. Memperoleh Gigi Yang Lebih Putih Dan Lebih Sehat

Sebuah apel tidak akan bisa menggantikan sikat gigi Anda, namun menggigit dan mengunyah apel akan merangsang air liur dalam mulut Anda, mengurangi resiko kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri.

2. Menghindari Alzheimer

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan pada tikus memperlihatkan bahwa dengan meminum jus apel bisa membuat Alzheimer pergi menjauh dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus di dalam penelitian yang diberi makan diet apel menunjukkan kadar yang lebih tinggi dari asetilkolin neurotransmitter dan lebih baik dalam tes labirin daripada tikus dengan diet biasa.

3. Melindungi Anda Dari Parkinson

Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi buah dan makanan tinggi serat lainnya mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap parkinson, penyakit yang ditandai oleh kerusakan sel-sel dopamin – sel yang memproduksi saraf otak. Para ilmuwan menghubungkan kondisi ini dengan kekuatan melawan radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya.

4. Mengurangi Resiko Segala Macam Kanker

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, antara lain sepakat bahwa dengan mengkonsumsi apel yang kaya akan flavonol dapat membantu mengurangi resiko Anda terhadap perkembangan kanker pankreas sampai 23%. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoids di dalam kulit apel yang memiliki aktivitas kuat terhadap anti-pertumbuhan akan sel kanker dalam usus besar, hati dan payudara. Pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa ekstrak apel utuh dapat mengurangi jumlah dan ukuran dari tumor mammae pada tikus. Sementara itu, Institut Kanker Nasional di Amerika telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi resiko kanker kolorektal.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Wanita yang mengkonsumsi sedikitnya satu buah apel dalam sehari memiliki resiko 28% lebih rendah untuk berkembangnya diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi apel. Apel mengandung serat yang dapat larut, kunci untuk mengurangi kandungan gula dalam darah.

6. Mengurangi Kolesterol

Serat larut yang ditemukan di dalam apel mengikat lemak di usus, dengan kata lain menurunkan kadar kolesterol dan membuat Anda menjadi lebih sehat.

7. Memiliki Hati Yang Lebih Sehat

Penelitian tubuh secara keseluruhan mengaitkan asupan serat larut tinggi terhadap melambatnya penumpukan plak kaya kolesterol di arteri Anda. Senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol untuk masuk ke dalam sistem dan menebalkan dinding arteri Anda. Ketika plak menumpuk di dalam arteri, akan mempersempit aliran darah ke jantung dan menyebabkan penyakit arteri koroner.

8. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu Anda yang menghalanginya untuk tetap sebagai cairan, sehingga membeku. Kondisi ini sangat lazim ditemui pada mereka yang menderita obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengendalikan berat badan dan mengendalikan kadar kolesterol.

9. Mengatasi Diare Dan Sembelit

Apakah Anda susah BAB atau bahkan mengalami diare, serat yang terdapat di dalam apel dapat membantu. Serat dapat menarik air dari usus Anda dan membuat proses pencernaan berjalan dengan baik atau menyerap kelebihan air dari kotoran Anda untuk memperlambat keluarnya kotoran dari usus.

10. Menetralkan Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome ditandai dengan sembelit, diare, sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini dokter menyarankan agar menjauhi susu dan makanan berlemak serta memasukkan asupan tinggi serat dalam diet Anda.

11. Mencegah Wasir

Wasir adalah urat bengkak di anal kanal. Meskipun tidak mengancam nyawa, namun pembuluh darah ini bisa sangat menyakitkan. Rasa sakit ini disebabkan oleh adanya tekanan yang terlalu besar pada daerah panggul dan dubur. Sejalan dengan derita sembelit, serat dapat mencegah Anda untuk terlalu tegang ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian dapat membantu meringankan wasir.

12. Mengendalikan Berat Badan

Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kegemukan di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan sleep apnea. Untuk mengendalikan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan diet kaya serat. Makanan kaya serat akan membuat Anda menjadi lebih sehat tanpa harus membuang begitu banyak kalori.

13. Detoksifikasi Liver

Tanpa disadari, kita secara terus-menerus mengkonsumsi racun, baik itu dari makanan maupun minuman, dan liver Anda bertanggung-jawab untuk mengeluarkan racun ini dari dalam tubuh Anda. Banyak dokter bersikap skeptis terhadap beragam diet detoks, dengan mengatakan diet tersebut lebih berpotensi membahayakan daripada mendatangkan kebaikan. Untungnya, salah satu hal terbaik dan termudah yang dapat Anda makan untuk membantu mendetoksifikasi liver Anda adalah dengan mengkonsumsi buah seperti apel.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut kuersetin. Studi terbaru menunjukkan bahwa kuersetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda sedang dilanda stres.

15. Mencegah Katarak

Walaupun studi terakhir telah terbagi dalam masalah-masalah ini, studi jangka panjang yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa mereka yang memiliki pola makan kaya buah dengan kandungan antioksidan tinggi seperti apel akan memiliki resiko 10-15% lebih kecil untuk menderita katarak.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami