Gates dan Buffett, Ajak Orang Terkaya Tiongkok Beramal

Internasional / 1 October 2010

Kalangan Sendiri

Gates dan Buffett, Ajak Orang Terkaya Tiongkok Beramal

Lois Official Writer
4832

Milyuner Amerika Bill Gates dan Warren Buffett menghimbau sekelompok orang terkaya Tiongkok agar mereka mau mempertimbangkan pemberian sebagian kekayaan mereka untuk didermakan. Gates, yang merupakan salah seorang pendiri perusahaan piranti lunak Microsoft dan investor Buffett mengundang makan malam puluhan orang terkaya Tiongkok di Beijing hari Rabu (29/9) dalam upaya mempromosikan kegiatan ama, seperti yang telah mereka lakukan di Amerika.

Sebelumnya, kedua milyuner AS itu meluncurkan kampanye ‘Giving Pledge’ di Amerika bulan Juni lalu, lalu meyakinkan kelompok warga terkaya di Amerika agar bersedia menyumbangkan sebagian kekayaan mereka untuk berbagai tujuan amal, baik semasa mereka masih hidup atau setelah mereka meninggal dunia.

Himbauan Gates dan Buffett di Beijing ini sayangnya menghadapi tentangan dari beberapa orang dalam kelompok konglomerat Tiongkok tersebut. Sejumlah media Tiongkok menyebutkan, beberapa dari mereka yang diundang dalam acara makan malam itu enggan hadir karena kuatir ditekan.

Gates dan Buffett telah menegaskan bahwa mereka tidak akan menekan atau memaksa siapa pun untuk mendermakan sebagian kekayaannya. Majalah Forbes menyebutkan ada 64 orang Tiongkok yang memiliki kekayaan bernilai lebih dari satu miliar dolar, kebanyakan dikumpulkan dalam dua dekade terakhir ini.

Bill Gates dan Warren Buffett yang merupakan seorang milyuner serius dalam melakukan amal yang telah Tuhan taruh dalam hati mereka, meskipun banyak milyuner lainnya yang tidak mau berpartisipasi. Mereka benar-benar menyadari bahwa harta mereka di dunia ini dapat mereka pergunakan untuk sesuatu yang lebih abadi, mencari ‘harta’ di surga.

Sumber : voanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami