Australia Tolak Bangun Mesjid di Kawasan Paling Padat

Nasional / 21 September 2010

Kalangan Sendiri

Australia Tolak Bangun Mesjid di Kawasan Paling Padat

Lois Official Writer
3793

Selain pembangunan mesjid di Gorund Zero, tempat runtuhnya bangunan kembar yang menewaskan ribuan orang, kini di Australia pun diadakan protes karena hendak dibangunnya mesjid di sana. Penduduk di salah satu kawasan paling padat di Australia tersebut memprotes rencana pembangunan pusat komunitas Islam di kawasan wisata Queensland Gold Coast.

Mereka mengklaim jika pembangunan pusat komunitas Islam itu akan menurunkan harga perumahan, mempengaruhi keamanan lingkungan dan meningkatkan perilaku anti sosial. Sebagian kuatir akan terjadi kemacetan akibat peningkatan volume kendaraan di lokasi tersebut, sebagian lagi menyatakan sikap lebih keras. Salah satu kelompok penentang menyatakan akan terus berupaya menghentikan pembangunan mesjid tersebut.

Kaum Muslim di Queensland menyatakan kecewa atas aksi penolakan ini. Para pemimpin muslim mengatakan dengan pertumbuhan pemeluk agama Islam di Queensland saat ini, dibutuhkan lebih banyak tempat untuk beribadah.

Ketua Komunitas Islam Gold Coast, Hassan Goss kepada BBC mengatakan, reaksi dari beberapa warga itu sangat tidak biasa. Dia mendesak agar para penentang rencana ini berpikir dengan kepala dingin dan mengatakan proyek pembangunan hanya akan menghasilkan sebuah pusat ibadah kecil dan tidak mencolok.

Di Australia, komunitas muslim hanya kurang dari 2% populasi namun menjadi salah satu kelompok minoritas yang berkembang cukup pesat. Warga sekitar diberi waktu mengajukan keberatan hingga akhir bulan ini pada otoritas setempat. Proses persetujuan selanjutnya bisa makan waktu sekitar satu tahun.

Menurut rencana, mereka akan mengubah sebuah rumah yang berada di sebidang tanah ukuran satu hektar di Worongary menjadi mesjid. Lokasi ini berjarak sekitar 16 kilometer dari kawasan surga bagi para peselancar di Gold Coast.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami