Polisi Tetapkan Para Tersangka Tragedi HKBP Bekasi

Nasional / 15 September 2010

Kalangan Sendiri

Polisi Tetapkan Para Tersangka Tragedi HKBP Bekasi

Lois Official Writer
2968

Setelah menyangkal keterlibatannya, hari ini (15/9) Front Pembela Islam (FPI) menyerahkan satu anggotanya kepada polisi. Orang itu diduga terlibat dalam penusukan dan penganiayaan terhadap penatua Hasian Sihombing dan Pendeta Luspida Simanjuntak dari HKBP Pondok Timur Indah, Ciketing, Bekasi. Saat ini, pihak kepolisian masih memeriksa anggota FPI itu bersama 12 orang lainnya, sementara sembilan orang lainnya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“FPI serahkan satu orang kepada kami. Total yang diperiksa 22 orang,” ucap Kepala Bidang Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Marwoto Soeto ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (15/9). Seperti diberitakan, Polri telah menetapkan sembilan orang sebagai tersangka kemarin. Empat di antaranya masih remaja yaitu HH (17), KN (17), HS (18), dan KA (18). Lima tersangka lainnya adalah AF (25), DT (24), IS (28), NN (29), dan PP (25).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Timur Pradopo mengaku bahwa pemeriksaan terhadap Ketua DPW Front Pembela Islam (FPI) Bekasi Murhali Barda di Polda Metro Jaya karena namanya disebut-sebut oleh sembilan tersangka yang diamankan sebelumnya. Timur mengaku belum bisa memastikan apakah status Murhali Barda akan dinaikkan menjadi tersangka. “Nanti penyidik. Saya belum cek,” sambungnya.

Kabdi Humas Polda Metro Jaya Kombes Boy Rafli Amar mengatakan, “Nanti siang akan kita umumkan statusnya apakah dia terkait atau tidak di insiden penusukan jemaat HKBP Ciketing,” katanya. Dia menambahkan, hingga saat ini penyidik masih meminta keterangan dari Murhali. Kalau memang nantinya terbukti, statusnya tentu akan jadi tersangka.

Dia menegaskan sejauh ini berdasarkan pemeriksaan, motif pelaku melakukan penusukan atas Pendeta Hasian Sihombing Lombantoruan murni kriminal. “Seperti yang saya sampaikan bahwa itu bukan dari kelompok yang ada di sana, dan itu peristiwa pidana,” tutupnya. Kemarin (14/9) Murhali mendatangi Polda Metro Jaya ditemani Ketua DPP FPI, Munarman.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami