7 Cara Memotong Pengeluaran Tanpa Pengorbanan

Investment / 8 September 2010

Kalangan Sendiri

7 Cara Memotong Pengeluaran Tanpa Pengorbanan

Lestari99 Official Writer
5016

Ketika kondisi keuangan Anda sedang sulit, memotong pengeluaran sepertinya tak dapat dihindari. Melakukannya juga bukanlah suatu hal yang mudah. U.S. News menanyakannya pada pakar keuangan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa-masa sulit tanpa perlu mengorbankan terlalu banyak kesenangan hidup. Berikut adalah tips utama dari mereka.

Mandi dalam gelembung sabun. Jika berendam dalam air panas tak sanggup menghibur Ada, cari tahu apa yang bisa, karena dengan melakukannya hal ini dapat menghentikan Anda untuk memboroskan uang setelah melalui hari yang buruk. “Terutama di masa-masa sulit, sangat penting bagi seseorang untuk menemukan cara lain selain berbelanja untuk membuat dirinya merasa lebih baik, apakah itu metode tantra, bola Cina atau gelembung mandi – apa saja yang bisa membuat rekening bank Anda tetap utuh,” ujar Ken McDonnell, direktur program dari American Savings Education Council.

Menjadi host film di rumah. Pergi ke bioskop, terutama jika Anda seorang penggemar popcorn, dengan mudah bisa menghabiskan Rp 100 ribu untuk dua orang. Faye Griffith-Smith, pemimpin komunitas American Association of Family and Consumer Sciences, menyarankan Anda untuk menyewa film dan mengundang teman-teman Anda untuk menonton bersama di rumah.

Belajar memasak. Makan di restoran tidak hanya akan menambah pengeluaran, demikian juga jika Anda membeli makan siang. Jika Anda memasak makan malam di rumah, Anda bisa membawa sisa makanan yang ada untuk dibawa bekal bekerja pada hari berikutnya atau meluangkan waktu beberapa menit membuat roti isi. Jika Anda selalu terburu-buru di pagi hari, cobalah untuk menyiapkannya di malam hari sebelum tidur, saran Jean Austin, pendidik keluarga dan konsumen sains untuk Maryland Cooperative Extension Service. Dan ketika Anda berbelanja bulanan, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu. Pergi ke toko kelontong dalam keadaan lapar sering membuat Anda tergoda untuk jajan, ujar Austin memperingatkan.

Manfaatkan perpustakaan. Manfaatkan keanggotaan perpustakaan Anda untuk mendapatkan buku dan film gratis. Bahkan terkadang Anda juga bisa mendapatkan layanan internet gratis.

Minum di rumah. Apakah pilihan minuman Anda adalah teh hijau, kopi atau minuman jus dan soda, jauh lebih murah bila Anda menikmatinya di rumah Anda sendiri. Pergi ke kafe bersama dengan teman-teman akan membuat Anda dengan mudah menghabiskan uang ratusan ribu, ujar McDonnell. Daripada melakukan itu, bawalah beberapa kaleng minuman dan nongkrong di rumah teman Anda. Interaksi sosial akan menghibur Anda.

Manfaatkan tabungan Anda. Jika Anda telah menyiapkan dana darurat selama tiga sampai enam bulan untuk keperluan darurat bila Anda kehilangan pekerjaan atau musibah lainnya, inilah saatnya untuk menggunakannya. Jadi ketika Anda sedang mengalami masa-masa sulit dalam keuangan, dana tersebut bisa Anda gunakan untuk memenuhi tagihan bulanan atau beberapa pengeluaran kecil.

Putuskan apa yang Anda inginkan. Kebanyakan orang bisa memotong 10% dari pengeluaran mereka dalam waktu 10 menit, ujar Ramit Sethi, penulis blog I Will Teach You To Be Rich. Tulis saja kategori pengeluaran utama Anda, seperti makanan dan pembayaran pinjaman, dan perkirakan berapa persentase yang dibutuhkan dari penghasilan Anda pada setiap kategori. Buatlah daftar kedua dengan persentase seperti yang Anda inginkan. Kemudian buatlah daftar ketiga dengan persentase yang sebenarnya. Jika kenyataannya tidak sesuai dengan ideal Anda, maka sesuaikanlah pengeluaran Anda.

Sumber : yahoo finance
Halaman :
1

Ikuti Kami