Agar Massa Tenang, Komnas HAM Himbau Kapolri Minta Maaf

Nasional / 2 September 2010

Kalangan Sendiri

Agar Massa Tenang, Komnas HAM Himbau Kapolri Minta Maaf

Budhi Marpaung Official Writer
2240

Melihat keadaan Buol, Sulawesi Tengah, yang belum stabil, Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Ridha Saleh, Kamis (2/9), menghimbau Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri (BHD) untuk segera menarik seluruh pasukannya dari kota tersebut dan segera meminta maaf kepada publik.

"Kapolda di sini harus bertanggung jawab. Harus ada tindakan tegas kepada aparat. Untuk menenangkan massa, Kapolri harus minta maaf," ujarnya.

Sebelumnya, Ridha Saleh menyatakan kepada wartawan sebuah media online di Indonesia bahwa kerusuhan di Buol terjadi terus menerus dalam tiga hari belakangan ini karena tidak adanya penjelasan dari Polisi kepada masyarakat mengenai kematian seorang tahanan bernama Kashmir (19) sehingga massa bertanya-tanya dan curiga.

Sikap acuh tak acuh dari aparat ini, lanjut Ridha, membuat massa mengamuk dan mengincar polisi.

Dari data yang dirilis Komnas HAM, kerusuhan di Buol, Sulteng, telah menelan 8 korban tewas dan 34 lainnya luka-luka yang semuanya dari warga setempat.

Akankah himbauan Komnas HAM ini akan diikuti oleh Mabes Polri? Hanya waktu yang akan membuktikannya. Namun, daripada menunggu hal yang tidak pasti, kiranya pemerintah segera mengatasi permasalahan ini hingga ke akar-akarnya agar tidak ada lagi korban yang jatuh dan kerusuhan yang semakin membesar.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami