Beli Rumah Secara Kredit, Tentukan Jangka Waktu Yang Pas!

Beli Rumah Secara Kredit, Tentukan Jangka Waktu Yang Pas!

Lois Official Writer
2316

Kalau beberapa waktu yang lalu, kita membahas mengenai pengembang yang baik dalam membeli rumah, bahasan kali ini akan menyangkut jangka waktu yang baik dalam membeli rumah secara kredit. Tentu saja, membeli rumah secara lunas jelas jauh lebih murah jika rumah dibeli secara kredit. Tapi jika keuangan belum sanggup, maka harus dilakukan secara kredit.

Dalam membeli rumah secara kredit, semakin panjang jangka waktu kredit, semakin besar pula jumlah uang yang akan Anda keluarkan walaupun Anda akan membayar cicilan bulanan yang lebih kecil. Terus, bagaimana memilih jangka waktu yang sesuai dengan keadaan finansial Anda?

Lihatlah lebih dahulu keuangan Anda

Anda perlu menentukan dan mengkalkulasi seberapa besar pemasukan yang Anda terima seluruhnya, baik itu gaji tetap maupun usaha sampingan lainnya dengan asumsi usaha sampingan Anda menghasilkan uang yang paling minimum. Sehingga ketika Anda menentukan pemasukan yang Anda terima, Anda tidak membuat pengeluaran yang melebihi hal itu. Setelah itu, tentukan pengeluaran apa yang harus Anda keluarkan setiap bulannya, tentukan berapa jumlahnya.

Setelah Anda tahu pemasukan dan pengeluaran Anda, Anda sekarang tahu berapa sisa uang yang bisa Anda pakai untuk membeli rumah secara kredit.

Jangka waktu kredit rumah tidak sama dengan uang lebih Anda

Misalnya saja, Anda punya uang lebih (setelah dikurangi pengeluaran tiap bulan dan pengeluaran tak terkira) sekitar Rp 500.000,- Anda melihat dengan uang tersebut Anda sebenarnya bisa saja kredit rumah dengan jangka waktu 5 tahun. Kemungkinan besar Anda akan mengambil jangka waktu 5 tahun ini, tapi ada alternatif lainnya yang bisa Anda pikirkan.

Bila Anda mengambil jangka waktu kredit selama 15 tahun dengan alasan Anda ingin menginvestasikan selisihnya (Misalnya saja, untuk jangka kredit 15 tahun Anda harus membayar Rp 150 ribu setiap bulannya). Selisih sebesar Rp 350 ribu Anda ingin investasikan ke tempat lain. Maka, hal yang perlu Anda perhatikan adalah hasil investasi yang akan Anda dapatkan nantinya harus lebih besar daripada suku bunga kredit rumah Anda.

Bila suku bunga kredit rumah Anda adalah 14% per tahun, maka uang yang Anda investasikan ke tempat lain tersebut harus lebih besar dari 14% per tahun. Bila Anda tidak yakin bisa menginvestasikan uang itu ke produk investasi yang bisa menghasilkan sejumlah itu, maka sebaiknya jangan ambil alternatif ini. Pilih saja jangka waktu kredit yang 5 tahun.

Pilihlah salah satu yang terbaik menurut Anda

Di samping itu, ada hal lain yang perlu Anda pikirkan. Jika jangka waktu lima tahun yang Anda pilih, dengan keuangan yang pas-pasan, Anda perlu mempertimbangkan ke depannya bagaimana jika suatu hari Anda memerlukan uang yang cukup besar sedangkan uang Anda sudah terpakai buat membeli rumah. Jika jangka waktu lima belas tahun yang Anda pilih, Anda perlu tahu apakah jangka waktu tersebut tidak terlalu lama buat Anda. Apakah nilai uang yang semakin menurun akan mempengaruhi keuangan Anda dalam membeli rumah secara kredit ini?

Akhirnya, semua keputusan tetap di tangan Anda. Apapun keputusan yang Anda ambil, pastikan yang terbaik buat Anda dan masa depan Anda. Jika Anda kurang yakin, sebaiknya konsultasikan dengan orang yang tahu mengenai hal ini.

Sumber : tabloidnova/lh3

Ikuti Kami