Memulai Bisnis Dengan Gaji Di Bawah 2 Juta

Investment / 1 September 2010

Kalangan Sendiri

Memulai Bisnis Dengan Gaji Di Bawah 2 Juta

Lestari99 Official Writer
5716

Kebanyakan orang memiliki mindset jika ingin memulai suatu usaha, maka dibutuhkan modal yang besar. Padahal dengan modal berapapun, Anda bisa mulai melakukan usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda.

Untuk memulai bisnis kecil-kecilan, tidak selalu harus terpatok pada modal. Karena sebenarnya Tuhan telah menganugerahkan setiap manusia dengan talenta yang luar biasa. Talenta adalah modal Anda yang sesungguhnya, jadi manfaatkanlah talenta tersebut dan kembangkanlah dengan sebaik-baiknya.

Jika gaji Anda Rp 2 juta dan Anda hidup di Jakarta, sepertinya kebutuhan hidup yang tinggi akan membuat Anda tidak dapat mengutak-atik lagi penghasilan bulanan Anda. Jika pengeluaran sama sekali tidak dapat diganggu gugat karena kondisi yang pas-pasan, maka cara yang tepat utuk mengatasinya adalah dengan menambah jumlah penghasilan.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan hobi Anda. Kalau Anda memiliki hobi fotografi, Anda bisa mencari kerja tambahan dengan menjadi fotograger di studio atau acara-acara pernikahan. Kalau Anda memiliki hobi menulis, manfaatkanlah bakat menulis Anda dengan menjadi koresponden atau penulis di berbagai media.

“Kuncinya, jangan gengsi dan jangan takut untuk mulai berbisnis. Mulailah dari bisnis yang paling kecil dan jangan takut untuk terus belajar,” ujar Aidil Akbar Madjid, penasehat keuangan yang memulai karirnya di Amerika Serikat sejak tahun 1994.

Akbar sendiri memiliki beberapa usaha sampingan seperti ojek motor dan menjual minuman ringan di beberapa kantin. Dari penjualan minuman ringan, Akbar mendapat omzet Rp 3 juta per bulan. Sehingga dari bisnis minuman ringan saja, ia bisa menghasilkan Rp 15 juta per bulan.

Jangan pernah gengsi. Jika seorang penasehat keuangan sukses saja tidak malu untuk berbisnis minuman ringan dan ojek, kenapa kita harus malu? Jadi, siapa bilang gaji di bawah Rp 2 juta tidak bisa berbisnis?

Sumber : okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami