Anda Sering Alergi? Hati-hati Mungkin Ini Tanda Sakit Jantung

Serba-Serbi Sehat / 28 August 2010

Kalangan Sendiri

Anda Sering Alergi? Hati-hati Mungkin Ini Tanda Sakit Jantung

Puji Astuti Official Writer
5911

Menurut sebuah penelitian, alergi seperti sesak nafas, gatal-gatal, dan mata berair bisa jadi merupakan tanda-tanda bahwa seseorang memiliki kemungkinan beresiko serangan jantung.

Dr. Jongoh Kim dari Albert Einstein Medical Center di Philadelphia, Pennsylvania dan rekan-rekannya meneliti 8600 orang dewasa dengan usia 20an tahun keatas. Mereka menemukan bahwa orang yang mengalami alergi umumnya juga beresiko mengalami serangan jantung. 8 % dari orang dewasa tersebut melaporkan sesak nafas dan 46 % menderita pilek atau mata yang berair – kombinasi dari tanda-tanda alergi ini biasanya disebut rhinoconjunctivis.

Dan dari keseluruhan yang melaporkan alergi tersebut 6% diantaranya mengalami sakit jantung. Mereka ditemukan di 13 % kasus sesak nafas dan 5 % penderita rhinoconjunctivitis.

Kim menduga imflamasi yang diakibatkan oleh alergi memicu tersumbatnya dinding arteri dan bahkan menyebabkan serangan jantung. Itu sebabnya seseorang dapat mengalami alergi dan sakit jantung karena genetic keturunan mereka.

Namun penelitian ini masih dianggap sangat dini di sebut sebagai sebuah kesimpulan. Namun ada baiknya hal ini dijadikan sebuah peringatan, sehingga jika Anda sering mengalami alergi tertentu, Anda dapat melakukan pencegahan dini dengan memeriksakan jantung Anda.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami