50 Spesies Baru Di Laut Indonesia Cengangkan Dunia

50 Spesies Baru Di Laut Indonesia Cengangkan Dunia

Lestari99 Official Writer
3282

Indonesia memang terkenal kaya akan tanaman dan hewan lautnya. Namun apa yang diabadikan melalui kamera video dan foto ini sungguh-sungguh mencengangkan dunia.

Tim ekspedisi gabungan dari Indonesia dan Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan puluhan spesies tanaman dan hewan di bawah laut Indonesia. Menggunakan kapal Okeanos Explorer dari AS dan Baruna Jaya IV dari Indonesia, tim ekspedisi mengakhiri misinya pada 14 Agustus lalu setelah tiga pekan mengitari perairan Sangihe Talaud, bagian utara Indonesia.

Dari hasil foto dan rekaman video, Kamis (26/08) tim peneliti memperkirakan sedikitnya ada 50 spesies tanaman dan hewan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Para ilmuwan kelas dunia ini pun terkesan dengan penemuan spektakuler mereka dan mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber laut yang luar biasa.

“Selama berkarir sebagai peneliti, saya hanya melihat beberapa spesies langka. Namun pada ekspedisi ini, saya terpukau melihat keberagaman spesies yang luar biasa,” ujar Verena Tunnicliffe, profesor dari Universitas Victoria di Kanada setelah melihat sejumlah gambar yang direkam tim ekspedisi.

Timothy Shank dari Institut Oseanografi Woods Hole di Massachusetts mengungkapkan bahwa dirinya bersama tim berhasil merekam lebih dari 150.000 cuplikan rekaman video definisi tinggi.

“Saya merasa sedikitnya ada 40 spesies barui di karang laut dalam dan sedikitnya 50 spesies baru yang mirip dengan udang, kerang, sepon, remis, dan lain-lain,” ujar Shank.

Tim ekspedisi menggunakan sistem pemetaan sonar yang canggih dan kendaraan robot untuk menjelajah dasar laut dalam seluas 54.000 kilometer persegi di perairan Sangihe Talaud, bagian utara Indonesia. Kedalaman lautnya antara 240 meter sampai 1600 meter.

Apakah spesies yang terekam dalam ekspedisi itu benar-benar baru masih memerlukan studi lebih lanjut yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Tapi satu hal yang pasti ilmuwan dunia pun mengakui kekayaan alam Indonesia yang sayangnya sampai saat ini belum mendapatkan perhatian yang maksimal dari pemerintah.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami