Presiden SBY: Mari Kita Lindungi dan Ayomi Minoritas

Internasional / 27 August 2010

Kalangan Sendiri

Presiden SBY: Mari Kita Lindungi dan Ayomi Minoritas

Puji Astuti Official Writer
3756

Dalam sambutannya saat acara peringatan Nuzulul Quran Tahun 1413 H di Istana Negara Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan kembali ajakan untuk melindungi kelompok minoritas yang ada di Indonesia demi menjaga kerukunan antar umat beragama dan juga kerukunan sosial

"Mari kita lindungi dan ayomi kelompok- kelompok minoritas, baik dari segi keagamaan maupun identitas sosial lainnya. Mari kita bangun kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dilandasi kokohnya kerukunan antarumat beragama," demikian ungkap Presiden Yudhoyono, Kamis (26/8).

Selain itu Presiden Yudhoyono juga menegaskan bahwa setiap individu di Indonesia ini memiliki kemerdekaan untuk menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Untuk itu tidak boleh ada pemaksaan atau tindak kekerasan dari satu pihak kepada pihak lain dalam hal tersebut.

Presiden juga meminta agar setiap warga negara Indonesia untuk bekerjasama dalam menciptakan kehidupan keagamaan yang teduh dan damai serta tidak mencari-cari kesalahan pihak lain. "Jika kita selalu melihat orang lain dari keburukannya, kapan kita melihat kebaikan orang itu, yang diri kita pun belum tentu punya,” demikian tegasnya.

Jika Presiden Yudhoyono telah menyampaikan himbauan ini berulang kali dalam berbagai kesempatan, itu tandanya orang nomor satu di negeri ini sangat peduli dan prihatin ketika terjadi gesekan antar umat beragama, apalagi ketika berujung tindakan anarkis. Sebagai contoh apa yang dialami oleh jemaat gereja HKBP Pondok Timur dan kelompok Ahmadiyah yang sempat menjadi pemberitaan nasional. Mari sebagai warga negara yang baik kita ikuti himbauan kepala negara kita ini, sehingga tindakan pemaksaan dan anarkis yang melanggar hak asasi manusia tidak terjadi kembali di Indonesia.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami