Cairan Pembersih Tangan Buat Karyawan Rajin Bekerja

Info Sehat / 26 August 2010

Kalangan Sendiri

Cairan Pembersih Tangan Buat Karyawan Rajin Bekerja

Budhi Marpaung Official Writer
4178

Pengusaha mana yang tidak suka jika para karyawan yang bekerja di kantornya selalu masuk dan fit terus? Selain biaya untuk kesehatan tidak menjadi membengkak, pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing orang berjalan sesuai dengan rencana.

Agar karyawan tetap sehat dan tidak gampang terkena virus, salah satunya bisa lewat cara menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di kantor. Hasil penelitian terbaru ilmuwan di Jerman menyebutkan kebiasaan mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan antibakteri mengandung alkohol efektif mengurangi angka penyakit flu, demam serta batuk di lingkungan kantor. Tentu saja hal ini bisa mengurangi angka cuti sakit para karyawan.

Dalam riset yang dilakukan selama 1 tahun 1 bulan tersebut, para peneliti sebelumnya telah membagi 129 orang responden menjadi dua. Kelompok pertama adalah kelompok orang yang melakukan kebiasaan mencuci tangan seperti biasa (air), sedangkan kelompok kedua adalah kelompok orang yang membersihkan tangannya minimal lima kali dalam sehari dengan cairan pembersih.

Pada setiap akhir bulan, para responden mengisi kuosioner mengenai ada tidaknya gejala beberapa penyakit, seperti pilek, sinusitis, radang tenggorokan, demam, batuk, bronkitis, influenza, diare, dan penyakit lain yang bisa membuat penderitanya tidak masuk kantor selama beberapa hari.

Ternyata, menggunakan hand sanitizer efektif untuk mengurangi angka ketidakhadiran para karyawan akibat penyakit flu, demam, diare, atau pilek. Membersihkan tangan dengan air dinilai hanya efektif untuk membersihkan kotoran, namun untuk menghilangkan kuman, cairan pembersih tangan lebih efektif.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami