Korut Siapkan Cat 'Siluman' untuk Menipu Korsel

Nasional / 23 August 2010

Kalangan Sendiri

Korut Siapkan Cat 'Siluman' untuk Menipu Korsel

Lois Official Writer
3007

Sepertinya perang antara Korea Utara dan Korea Selatan tidak dapat dielakkan lagi. Ketika Korea Selatan sedang sibuk-sibuknya latihan militer bersama Amerika, Korea Utara menciptakan bahan-bahan kamuflase seperti cat ‘siluman’ untuk menyamarkan kapal perang, tank, atau pesawat tempur dari satelit pengintai dan pesawat asing, demikian kata sebuah laporan Senin (23/8).

Sebuah buku manual lapangan rahasia yang digunakan militer komunis itu menyebutkan bahwa Korut juga telah membuat jaringan lubang bawah tanah dan gua, menurut koran Chosun Ilbo. Buku manual yang tercetak tahun 2005 itu diselundupkan keluar oleh seorang sumber melalui ‘Caleb Mission’, organisasi Kristen Korea Selatan. Buku itulah yang memberi instruksi mendetil tentang cara membuat dan memakai cat ‘siluman’, yang dapat menyerap gelombang radar.  Para pejabat militer di Seoul menolak untuk memberi konfirmasi akan laporan tersebut.

Surat kabar itu mengatakan, buku manual tersebut mengutip pemimpin Korut Kim Jong Il yang menyatakan, “Perang modern merupakan perang ‘siluman’. Kami bisa menyatakan bahwa menang atau kalah akan ditentukan dari bagaimana kita melakukan perang ‘siluman’.”

Selain itu, buku tersebut mendeskripsikan cara untuk menutupi instalasi atau peralatan dan cara untuk membuat pasukan militer terlihat seperti bergerak padahal mereka sebenarnya berdiam diri guna mengecoh pengintai Korea Selatan dan Amerika Serikat. Militer Korut juga memerintahkan untuk membuat landas pacu pesawat palsu guna menipu mata-mata asing.

Seorang pakar intelijen yang tak disebutkan namanya menyebutkan, ia terkejut menemukan militer Korut telah melakukan riset yang teliti dan cermat mengenai taktik ‘siluman’ dari yang diduga sebelumnya. Kantor berita Yonhap pun menyiarkan laporan serupa.

Yang lebih mencengangkan lagi, buku tersebut menggambarkan cara untuk menutupi peralatan artileri jarak jauh dengan menggunakan bahan yang memantulkan radar, begitu menurut Yonhap.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami