Ini Dia Cara Pemerintah Atasi Kasus Ledakan Elpiji

Nasional / 23 August 2010

Kalangan Sendiri

Ini Dia Cara Pemerintah Atasi Kasus Ledakan Elpiji

Budhi Marpaung Official Writer
4730

Pemerintah memastikan harga tabung gas elpiji 3 kg akan mengalami kenaikan (penyesuaian, red). Hal tersebut disampaikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di depan para wartawan dan jajaran Partai Demokrat yang mengikuti kegiatan buka puasa di kediaman pribadinya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Minggu (22/8).

“Tentu ada penyesuaian harga yang tepat nanti tanpa bebani rakyat kecil dan harus kita berikan bantuan dengan perubahan policy ini sekaligus” ujar Presiden SBY.

Maraknya peristiwa meledaknya tabung 3 kg, lanjut presiden, awalnya diduga hanya karena regulator dan selangnya. Tapi setelah diatasi, diketahui ternyata tabung 3 kg dengan 12 kg berbeda dan dijual dengan harga yang lebih murah untuk rakyat.

“Semula dikira dari selang dan regulator, ternyata ada masalah lain. Tidak samanya harga gas dan pengoplosan,” urainya.

Menanggapi pernyataan Presiden SBY tersebut, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan bahwa itu bukanlah sebuah solusi dari masalah ledakan tabung yang ada di masyarakat Justru kebijakan penyesuaian harga tabung 3 kg dan 12 kg akan menambah beban rakyat.

"Itu sadis, makin membunuh akses masyarakat terhadap elpiji murah, meski nanti akan diberi BLT," kata Ketua Pelaksana Harian YLKI, Tulus Abadi, Senin (23/8).

Tulus menilai disparitas yang dijadikan alasan pemerintah untuk menaikkan harga tabung 3 kg dan 12 kg adalah sebuah pernyataan yang menyesatkan. Dari data kepolisian, tambahnya,  penyebab utama ledakan justru ketidalaikan tabung dan kompenen yang ada.

Oleh karenanya, YLKI meminta pemerintah agar menarik tabung dan komponen-komponen yang ada dari pasaran.

Pak SBY tolong dong sebelum disahkan, kebijakan ini dipikir-pikir kembali. Masak segala masalah yang berhubungan dengan kehidupan orang banyak, solusinya adalah ‘penyesuaian’? Krisis listrik, tarif listrik-nya disesuaikan; Jalan tol banyak yang rusak, tarif tol-nya disesuaikan; Sekarang, tabung 3 kg dan 12 kg banyak meledak, harga tabung-nya juga akan disesuaikan. Kalau solusi ini saja yang bisa dipikirkan pemerintah, lama-lama rakyat akan semakin banyak yang susah nih. Semoga saja ini tidak terjadi.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami