Israel - Palestina Bicarakan Perdamaian di Washington

Nasional / 21 August 2010

Kalangan Sendiri

Israel - Palestina Bicarakan Perdamaian di Washington

Lois Official Writer
2345

Palestina dan Israel direncanakan akan melakukan pembicaraan damai secara langsung pada tanggal 2 September mendatang di Washington, Amerika Serikat dan Presiden AS Barack Obama dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Utusan diplomat dari AS, Uni Eropa, Rusia, dan PBB yang ikut berkepentingan dalam menjaga perdamaian dunia, telah membicarakan draf pernyataan yang mengundang Palestina dan Israel guna membicarakan penyelesaian perjanjian perdamaian dalam waktu satu tahun. Pembicaraan draf ini telah dilakukan pada Kamis, 19 Agustus lalu dan memberikan pernyataan resminya, kemarin, Jumat 20 Agustus 2010.

Kedua negara yang mempunyai konflik tersebut didesak untuk menyetujui tanggal pertemuan yang telah ditetapkan. Meskipun Presiden Barak Obama dipastikan hadir dalam pertemuan tersebut, namun pihak Gedung Putih sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal ini, mengingat Obama sedang menjalani liburannya.

Kuartet kekuasaan tersebut pada Juni lalu mengatakan pembicaraan damai akan selesai dalam waktu 24 bulan. Namun dalam draf baru ini menyebutkan negosiasi itu akan diselesaikan selama 12 bulan ke depan. Israel sendiri mengaku jika mereka bersedia untuk melakukan pembicaraan damai, namun mereka menolak jika pelaksanaan ini disertai dengan syarat-syarat.

Sedangkan pihak Palestina sendiri berniat untuk mendeklarasikan negara Palestina merdekat beserta dengan atributnya pada pertengahan 2011 mendatang. Rencana ini dapat memperoleh dukungan jika pembicaraan damai tidak terjadi atau selama 12 bulan ke depan pembicaraan damai ini putus di tengah jalan.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami