KA Resmi Meluncurkan Gerbong Khusus Perempuan Hari Ini

Nasional / 19 August 2010

Kalangan Sendiri

KA Resmi Meluncurkan Gerbong Khusus Perempuan Hari Ini

Lois Official Writer
3297

PT. Kereta Api (KA) pada hari ini 19 Agustus 2010 meluncurkan dua gerbong kereta rel listrik (KRL) khusus penumpang perempuan. Salah satu pejabat PT. KA, Mega Rusiandi, mengatakan untuk tahap pertama layanan KRL khusus perempuan baru diberlakukan untuk rute Jakarta-Bogor. Jika kelak jumlah peminatnya bertambah banyak, PT. KA akan menambah layanan lagi.

Dua gerbong KRL khusus perempuan itu terdiri dari KRL kelas Ekonomi AC dan KRL Ekspres. Dua rangkai gerbong ini akan tersambung dengan enam gerbong kereta penumpang umum lainnya. Posisi dua gerbong itu berada di gerbong satu dan delapan. Sedangkan gerbong dua sampai tujuh disediakan untuk penumpang umum.

“Kami melakukan secara bertahap. Tahap pertama gerbong itu kami taruh kereta depan dan belakang. Jika dua gerbong khusus itu sudah penuh, penumpang perempuan bisa memilih menggunakan gerbong dua hingga tujuh. Namun, gerbong satu (dan terakhir) tidak boleh digunakan penumpang laki-laki.”

Sekretaris PT. KA Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, tidak ada perubahan pada harga tiket serta jadwal KRL. Rencana peluncuran gerbong khusus bagi perempuan ini terkait maraknya kasus pelecehan seksual yang terjadi di atas moda transportasi umum terhadap kaum hawa, dan rencana ini mendapat sambutan baik dari Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo. Sebab kata dia, dengan begitu kaum perempuan akan terasa lebih aman dan nyaman saat menempuh perjalanan.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami