Jalin Kedekatan Dengan Anggota Keluarga Anda di Meja Makan

Psikologi / 16 August 2010

Kalangan Sendiri

Jalin Kedekatan Dengan Anggota Keluarga Anda di Meja Makan

Budhi Marpaung Official Writer
3257

Apakah Anda memiliki hubungan yang dekat dengan orang tua, saudara atau anak Anda? Jika tidak, bisa jadi masalahnya adalah karena Anda tak pernah membiasakan makan bersama di meja makan.

Penelitian terbaru sebuah perguruan tinggi di Amerika Serikat menunjukkan hasil bahwa komunikasi antara orang tua dan anak semakin menurun setelah anak-anak masuk SMP.  Dengan makan malam bersama, hubungan yang kian merenggang tersebut dapat dijalin erat lagi.

Jayne Fulkerson selaku pimpinan riset mengatakan remaja yang sering makan malam bersama orang tuanya terlihat tidak begitu mengalami hambatan komunikasi selama tiga setengah tahun dibanding remaja yang jarang atau tak pernah makan malam bersama orangtua. Bahkan dari survei yang ia lakukan dengan tim diketahui bahwa orangtua yang membangun komunikasi di meja makan pada masa awal anak-anak beranjak remaja berefek pada komunikasi jangka panjang yang lebih baik.

Meski sampel penelitian yang diambil adalah para remaja, namun hasil itu juga bisa dijadikan rujukan ke hubungan antarkeluarga.

Fulkerson meyakini makan bareng keluarga adalah kesempatan yang baik untuk tetap menjalin komunikasi antar anggota keluarga yang ada. "Anda jadi tahu apa yang terjadi dalam hidup mereka dan lebih memahami mereka," ujar Fulkerson.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami