Puluhan Miliader AS Satukan Sebagian Kekayaan Demi Amal

Nasional / 11 August 2010

Kalangan Sendiri

Puluhan Miliader AS Satukan Sebagian Kekayaan Demi Amal

Budhi Marpaung Official Writer
2513

Memiliki harta yang banyak bukan berarti jadi lupa dengan keadaan dunia sekitar. Pandangan inilah yang sepertinya mendorong pendiri Microsoft, Bill Gates dan investor ulung, Warren Buffett mengajak rekan-rekan miliadernya di AS untuk bersatu dalam sebuah program amal.

Melalui The Giving Pledge, Bill Gates dan kawan-kawan berkomitmen menyisihkan sebagian dari kekayaan mereka untuk membantu permasalahan yang ada di masyarakat global.

Majalah Forbes menaksir dana yang terkumpul dari 40 orang super kaya di negara Paman Sam tersebut akan mencapai lebih dari USD150 miliar atau Rp 1.380 triliun.

Adapun sejumlah konglomerat yang diketahui telah menyatakan ikut serta dalam program amal The Giving Pledge adalah Wali Kota New York Michael Bloomberg, pendiri CNN Ted Turner, eksekutif perusahaan hiburan Barry Diller, produser film George Lucas, filantrop David Rockefeller, dan pengusaha minyak T Boone Pickens.

Selain miliader AS, Bill Gates dan Warren Buffet rencananya juga akan mengajak para taipan asal China dan India ke dalam program ini.

Diantara banyaknya konglomerat yang mendukung aksi amal The Giving Pledge, terdapat sekelompok konglomerat yang menunjukkan sikap menolak. Alasan mereka tidak mau bergabung dalam kegiatan tersebut adalah karena aksi filantropi itu disinyalir dibuat agar para miliader dapat terhindar dari kewajiban membayar pajak yang tinggi.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami