Es Yang 40% Lebih Besar dari Washington Terpecah

Nasional / 9 August 2010

Kalangan Sendiri

Es Yang 40% Lebih Besar dari Washington Terpecah

Lois Official Writer
3181

Bongkahan es seluas 251.2 km persegi terpecah dari suatu gletser utama di kawasan dekat Kutub Utara jelang akhir pekan lalu. Pecahan es ini merupakan pecahan yang terbesar dalam kurun waktu hampir setengah abad. Terpecahnya es tersebut direkam oleh satelit MODIS milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan dipublikasikan Jumat 6 Agustus waktu setempat.

Mengingat ukuran yang pecah lumayan besar, bongkahan es tersebut membentuk ‘pulau baru’. Ukurannya 40 persen lebih besar dari ibukota AS, Washington DC. Menurut Universitas Delaware, bongkahan tersebut merupakan bongkahan es terbedar yang berpisah dari induknya sejak 1962.

Bongkahan yang berasal dari Gletser Petermann di Greenland itu terletak di wilayah otonomi Denmark di antara Kutub Utara dan Samudera Atlantik. Namun, fenomena ini biasanya lebih sering terjadi di Kutub Selatan ketimbang di Utara.

Peneliti dari Universitas Delaware, Andreas Muenchow, mengatakan bahwa pecahan es itu tidak serta merta dikaitkan dengan pemanasan global. Bisa jadi penyebab pecahan itu akibat derasnya arus laut di bawah gletser.

Namun, kita tetap perlu mewaspadai bahwa setiap tindakan kita dapat membuat pemanasan global semakin nyata terasa.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami