Anas : Umat Mayoritas Harus Ayomi Kaum Minoritas

Nasional / 9 August 2010

Kalangan Sendiri

Anas : Umat Mayoritas Harus Ayomi Kaum Minoritas

Puji Astuti Official Writer
2359

Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum menyatakan keprihatinannya atas kekerasan yang dilakukan sekelompok orang dengan mengatasnamakan agama. Menurut Anas, semestinya umat mayoritas memberikan rasa aman dan nyaman kepada kaum minoritas.

"Sebagai umat yang mayoritas, umat Islam harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi kaum minoritas. Kita berbangsa menganut asas Bhinneka Tunggal Ika yang dalam dalam bahasa Partai Demokrat itu disebut pluralisme," demikian ungkap Anas seperti dirilis oleh Detik.com.

Anas juga meminta agar umat Islam bisa menahan diri dan menjunjung tinggi toleransi dan persaudaraan sebagaimana diajarkan oleh Islam. Indonesia adalah negara yang penuh keragaman, untuk itu Anas mengajak umat Islam untuk bisa hidup berdampingan bahkan bekerjasama, selain itu juga menghormati perbedaan yang ada baik dengan umat beragama lain, maupun umat Islam yang berbeda aliran.

Ungkapan keprihatinan serta ajakan untuk damai ini disampaikan oleh Anas menanggapi munculnya beberapa konflik horizontal di masyarakat, seperti kasus gereja HKBP Pondok Timur, kerusuhan antar organisasi massa kedaerahan di Jakarta Selatan dan kasus Ahmadiyah di Kuningan.

Sumber : Detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami