13 Karyawan Foxconn Melakukan Aksi Bunuh Diri

Nasional / 9 August 2010

Kalangan Sendiri

13 Karyawan Foxconn Melakukan Aksi Bunuh Diri

Lois Official Writer
3049

Wanita berusia 22 tahun meninggal pada hari Rabu kemarin setelah jatuh dari gedung asrama pekerja di Provinsi Jiangsu bagian timur, manufaktur elektronik terbesar. Ketiga belas pekerja lainnya sebelumnya pun telah melakukan aksi bunuh diri tahun ini di gedung Foxconn, perusahaan elelktronik raksasa tersebut dan mereka loncat dari bangunan tersebut, termasuk 10 di antaranya loncat dari kota Shenzhen bagian barat. Gambar di atas merupakan keluarga salah satu karyawan yang telah melakukan aksi bunuh diri tersebut.

Tidak jelas apakah aksi terakhir yang dilakukan merupakan aksi bunuh diri, tapi perusahaan ini akan menghadapi ancaman dari pemegang kekuasaan dan akan diinvestigasi. Foxconn yang pendapatan terbesarnya yaitu $40 milyar setiap tahunnya, mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan iPad untuk dijadikan komputer desktop atau televisi, saat ini sedang disoroti di China.

Para pendemo memberikan sumbangan untuk pemakaman secara tradisi China di kantor pusat Foxconn di Hong Kong. Para pendemo hak manusia juga mengkritik rezim yang dilakukan secara militer di Foxconn yang ada di Shenzhen, dimana ada 300.000 orang yang bekerja.

Pendiri perusahaan Terry Gou sendiri awal tahun ini dibersihkan dari tuduhan salah apapun yang dilayangkan padanya. Dia mengatakan bahwa setiap aksi bunuh diri tersebut tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Bulan Juni 2010, Foxconn menaikkan dua kali lipat gaji karyawannya. Para karyawan tersebut berjumlah lebih dari 800.000 pekerja.

Sumber : telegraph/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami