JK Merasa Bertanggung Jawab Atas Ledakan Elpiji

Nasional / 30 July 2010

Kalangan Sendiri

JK Merasa Bertanggung Jawab Atas Ledakan Elpiji

Puji Astuti Official Writer
2184

Jusuf Kalla (JK) menyatakan dirinya merasa ikut bertanggung jawab secara moral atas penanganan gas elpiji karena pihaknya merupakan penggagas konversi minyak tanah dengan gas elpiji 3 Kg tersebut. Mantan Wakil Presiden periode 2004-2009 itu melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis lalu untuk berbicara secara pribadi tentang beberapa hal.

"Ya, selain membicarakan soal rencana dan program-program yang dijalankan Palang Merah Indonesia (PMI), saya menyampaikan soal penanganan tabung gas elpiji yang harus selalu terus diperbaiki," demikian ungkap Kalla kepada Kompas.com.

JK mengatakan bahwa dirinya berdiskusi dengan Presiden SBY tentang upaya perbaikan yang bisa ditempuh dalam mengatasi seringnya terjadi ledakan tabung gas, mulai dari sosialisasi, produksi, kualitas tabung, selang dan regulator. Tidak hanya itu, Kalla juga menyampaikan beberapa perincian usulan agar dapat ditindak lanjuti oleh pemerintah.

Dalam pandangan JK, program konversi minyak tanah ke gas ini sangat bermanfaat hanya pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi, kualitas produksi hingga pengawasan di tingkat masyarakat.

Seringnya terjadi ledakan tabung gas menimbulkan trauma dan ketakutan dikalangan masyarakat. Hal ini membuat banyak orang memilih untuk kembali menggunakan kompor minyak tanah sekalipun harganya sangat mahal ataupun menggunakan kayu bakar.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami