Banyak yang Bolos, Pimpinan DPR Terapkan Sistem Fingerprint

Nasional / 25 July 2010

Kalangan Sendiri

Banyak yang Bolos, Pimpinan DPR Terapkan Sistem Fingerprint

Budhi Marpaung Official Writer
2468

Pimpinan DPR RI merencanakan menerapkan sistem fingerpint (absen jempol) bagi para anggota dewan terhormat. Pemikiran ini muncul setelah melihat makin banyaknya anggota dewan yang kerap membolos dari tugasnya sebagai wakil rakyat.

Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (23/7) lalu, mengatakan ia dan keempat pimpinan DPR yang lain sudah merasa jengah dan getir atas kelakuan sejumlah oknum anggota DPR yang tidak disiplin. Ia menganggap orang-orang tersebut telah mencemarkan nama institusi dan karenanya perlu segera diambil langkah proaktif atas masalah ini.

"Susah payah kami bangun citra hancur dan rontok karena bolos," ujarnya.

Priyo berharap usulan absensi dengan menggunakan fingerprint bisa direalisasikan segera oleh Sekretariat Jenderal DPR. Karena bila tidak, tambahnya, bukan mustahil mosi tidak percaya terhadap lembaga legislatif di Indonesia akan dilakukan masyarakat.

Ide sistem fingerprint sepertinya bagus, tetapi sangat disayangkan bila ini dilaksanakan hanya demi sebuah citra positif. Masyarakat Indonesia sudah tidak bisa tertipu dengan tindakan “memoles wajah”. Sebulan dua bulan sistem ini mungkin berjalan, tetapi bila tidak didasarkan kepada wujud tanggung jawab memberikan teladan baik kepada seluruh rakyat Indonesia maka kebiasaan sejumlah anggota dewan yang dulunya suka bolos akan muncul kembali.

Sumber : metrotvnews
Halaman :
1

Ikuti Kami