Nigeria, Islam Kristen Bentrok 5 Orang Tewas

Nasional / 15 July 2010

Kalangan Sendiri

Nigeria, Islam Kristen Bentrok 5 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
2452

Kerusuhana antara pemuda Islam dan Kriten terjadi di komunitas Wukari di negara bagian Taraba, Nigeria dan mengakibatkan 5 orang tewas. Menurut laporan wartawan setempat seperti dikutip oleh AP ada sekitar 15 orang pemuda yang terluka di sebuah rumah sakit umum, sedangkan yang lainnya berada di klinik-klinik swasta.

Akibat kerusuhan ini beberapa masjid dan gereja di bakar. Rabu pagi pasukan keamanan di kirim ke Wukari untuk mengendalikan keadaan. Pihak berwenang juga menetapkan jam malam untuk menghindari adanya serangan balasan atas kerusuhan ini.

Nigeria merupakan negara yang berpenduduk 150 juta jiwa, dan terbelah menjadi dua bagian. Disebelah selatan didominasi umat Kristen sedangkan kaum muslim mendominasi daerah Utara.

Sejak negara yang kaya akan minyak ini menjadi negara demokrasi pada tahun 1999, gelombang kerusuhan antar agama telah menelan ribuan nyawa, penyebatanya adalah perebutan kekuasaan politik, masalah ekonomi dan sosial.  Pada tahun 2010 ini saja sekitar 500 orang telah tewas dalam kerusuhan.

Yang menjadi keprihatinan adalah kelompok Islam garis keras Nigeria telah bergabung dalam jaringan al-Qaida dan memulai sebuah gelombang gerakan kekerasan di negara tersebut. Mari kita doakan agar terjadi rekonsiliasi di Nigeria sehingga dapat menghentikan bertambahnya korban.

Sumber : AP
Halaman :
1

Ikuti Kami