Penyakit Bisa Sembuh dengan Vitamin dan Mineral

Penyakit Bisa Sembuh dengan Vitamin dan Mineral

Lois Official Writer
4226

Gangguan kesehatan ringan seringkali disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral. Gangguan apa saja yang membutuhkan vitamin dan mineral. Berikut uraiannya untuk Anda :

Kram otot

Jika Anda seringkali menderita kram otot, maka Anda memerlukan magnesium. Mineral ini sangat penting dalam proses penyampaian pesan dari saraf ke otot-otot. Diet yang dilakukan oleh kebanyakan orang, cenderung tidak kaya magnesium. Ditambah lagi banyak dari kita yang mengkonsumsi susu dan produk susu serta makanan kaya kalsium lainnya, padahal kalsium bisa menurunkan kadar magnesium. Sumber magnesium berasal dari makanan whole grain, buah kering, jagung manis, jamur, dan kacang-kacangan. Hindari menggunakan suplemen bersamaan dengan produk susu dan makanan kaya kalsium lainnya.

Mata merah

Mata merah terjadi saat pembuluh darah kecil di permukaan mata meradang dan dijejali dengan darah. Untuk mata merah, Anda perlu vitamin B karena vitamin ini membantu mengatur jumlah cairan dalam rongga mata. Menurut Dr. Wendy Denning dari Universitas College Hospital, London, mata merah bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B2 dan B6. Sumber vitamin B yaitu ada dalam susu, ikan dan daging (khususnya hati).

Infeksi saluran kencing

Saat menderita infeksi saluran kencing, Anda mungkin akan mencari solusi lain misalnya pergi ke dokter padahal obatnya ada di dekat Anda. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C membuat air seni menjadi asam dan hal ini membantu mengurangi bakteri berbahaya yang ada pada saluran kencing. Sumber makanan yang mengandung vitamin C yaitu buah sitrus, brokoli, dan sayuran merah seperti tomat dan kol merah.

Tangan dan kaki dingin

Pemecahan masalah ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak selenium. Selenium berfungsi untuk mengontrol fungsi tiriod (kelenjar yang memproduksi hormon untuk mengontrol metabolisme. Agar metabolisme sehat dan mendapatkan sirkulasi yang baik, kita perlu memberikan apa saja yang diperlukan oleh tiroid agar bisa bekerja dengan baik. Karena itulah, tangan dan kaki yang dingin dapat diatasi dengan pemberian selenium dengan memakan kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, dan kerang.

Menstruasi berat

Vitamin untuk mengatasi masalah ini adalah vitamin K. Vitamin ini membantu menormalkan darah dengan membantu pengentalan dan mencegah pendarahan yang berlebihan. Jadi vitamin ini sangat dibutuhkan oleh para wanita yang mengalami masalah menstruasi seperti itu. Walaupun hanya ada sebagian kecil, namun vitamin K terdapat pada sayur-sayuran, minyak sayur, sereal whole grain, dan daging.

Masalah-masalah seperti ini bisa dianggap ringan namun tetap membuat kita menderita dan perlu diperhatikan. Karena itu, kiranya solusi ini dapat Anda pakai dalam situasi masalah di atas.

Sumber : mediaindonesia/lh3

Ikuti Kami