38 Ton Susu Bubuk Beracun Disita Pemerintah Cina

Nasional / 9 July 2010

Kalangan Sendiri

38 Ton Susu Bubuk Beracun Disita Pemerintah Cina

Lestari99 Official Writer
2543

Tragedi susu beracun asal Cina yang menewaskan anak-anak ternyata masih bisa terulang kembali. Produsen susu bubuk beracun masih menunjukkan geliatnya di Cina. Pihak berwenang Cina baru-baru ini berhasil menyita 38 ton susu bubuk beracun yang pernah menimbulkan kegemparan nasional pada tahun 2008.

Sampel dari susu bubuk yang ditemukan di provinsi Gansu dan Qinghai, barat laut Cina, menunjukkan tingkat melamin hingga 500 kali melebihi batas yang diizinkan, dan diduga susu bubuk yang tercemar juga ada di timur laut Cina, menurut laporan kantor berita Xinhuam Jumat (09/07).

Kepolisian Cina menemukan susu bubuk beracun di provinsi Gansu dan menelusuri sampai pabrik susu di provinsi tetangga, Qinghai. Perusahaan tersebut telah membeli susu bubuk dari tempat lain dan menyimpan di desa dekat dengan pabrik tersebut. Meskipun para pedagang telah membeli susu tercemar dari provinsi Hebei, namun belum ada laporan mengenai korban akibat produk susu beracun terkini.

Pada tragedi 2008 lalu, setidaknya enam anak dilaporkan tewas dan sekitar 30.000 anak jatuh sakit karena susu bubuk beracun tersebut. Melamin dipakai dalam produk susu untuk menipu para pengawas agar mendapatkan hasil uji protein yang tinggi. Melamin dapat menyebabkan batu ginjal, dan biasa digunakan untuk membuat plastik pupuk dan beton.

Kandungan tinggi nitrogen membuat tingkat protein terlihat lebih tinggi jika ditambahkan pada susu atau makanan binatang untuk menyamarkan produk di bawah standar.

 

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami