Anggota DPR Wacanakan Kapolri Dari Kalangan Sipil

Nasional / 6 July 2010

Kalangan Sendiri

Anggota DPR Wacanakan Kapolri Dari Kalangan Sipil

Budhi Marpaung Official Writer
2594

Kesan militeristik yang masih sangat kental di dalam tubuh Polri mendorong salah seorang  anggota DPR RI mewacanakan agar posisi Kapolri bisa diisi dari kalangan sipil.

"Nggak harus polisi. Kita harus mulai berani mewacanakannya. Bahwa Kapolri bisa dari kalangan sipil. Di negara federal Amerika misalnya, kepala kepolisiannya bisa dari sipil," ujar Nudirman Munir yang berasal dari Fraksi Partai Golkar.

Menurut pria yang kini tergabung di Komisi III DPR itu, dengan terbukanya kesempatan orang sipil menjadi Kapolri maka instansi kepolisian akan semakin terbuka juga kepada masyarakat.

"Selama ini orang tidak boleh tahu masalah rekening yang bermasalah itu. Sampai sekarang juga tidak ada klarifikasi dari Kepolisian. Ini karena tingginya semangat korps. Jadi sulit ditembus, makanya perlu juga Kapolri itu dari sipil," jelasnya.

Selain mewacanakan posisi Kapolri bisa diisi dari kalangan sipil, Nudirman mengusulkan agar institusi kepolisian tidak berdiri sendiri, tetapi menjadi bagian di bawah kementerian dalam negeri.

Belum diketahui secara pasti apakah wacana ini akan dapat terealisasikan mengingat banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan seperti perubahan undang-undang Kepolisian, pro kontra di kalangan internal Polri, dan kesiapan anggota polisi untuk dipimpin oleh orang yang bukan dari jajaran kepolisian.

Sumber : rakyat merdeka online
Halaman :
1

Ikuti Kami