Vasektomi Gratis Bagi Pria Di Pontianak

Nasional / 30 June 2010

Kalangan Sendiri

Vasektomi Gratis Bagi Pria Di Pontianak

Lestari99 Official Writer
3339

KB menjadi program pemerintah untuk menekan ledakan penduduk di Indonesia. Namun masih banyak anggota masyarakat yang menganggap bahwa pemasangan alat kontrasepsi itu urusan wanita dan pria tidak perlu terlibat di dalamnya. Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar. Rendahnya pemahaman inilah yang membuat Pemerintah Kota Pontianak menggratiskan biaya pemasangan alat kontrasepsi permanen bagi pria berupa vasektomi.

“Gratis untuk semua kelompok, tanpa melihat latar belakang ekonomi,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Pontianak Darmanelly di Pontianak, Rabu (30/06).

Program ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun lalu namun belum berjalan dengan maksimal. Pemkot Pontianak sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit dan tempat layanan kesehatan lainnya. Program ini sekaligus sebagai ajang promosi untuk pria agar mengikuti program KB.

Bagi masyarakat yang ingin menjalani vasektomi dapat mendaftar di Badan pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Pontianak. Penjelasan dan pendampingan calon peserta ke rumah sakit yang dituju akan dilakukan oleh petugas yang berwenang.

Minat pria untuk mengikuti KB di kota Pontianak diakui memang masih rendah. Ditambah lagi anggapan umum yang mengatakan hanya kaum wanitalah yang biasa menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu jenis alat kontrasepsinya juga masih terhitung sedikit.

Selain vasektomi gratis, layanan KB lain seperti penggunaan suntikan dan kondom digratiskan bagi warga miskin dengan terlebih dahulu menunjukkan kartu Jaminan kesehatan masyarakat saat meminta layanan KB di Puskesmas terdekat.

Ledakan penduduk sepertinya menjadi hal serius yang harus diperhatikan pemerintah setelah hasil Sensus 2010 yang lalu menunjukkan peningkatan jumlah penduduk di Indonesia meningkat dengan sangat signifikan sehingga menempatkan Indonesia sebagai penduduk keempat terbanyak di dunia.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami