Sayur Pecak Ikan Khas Marunda, Pak Maron Tempatnya

Entertainment / 30 June 2010

Kalangan Sendiri

Sayur Pecak Ikan Khas Marunda, Pak Maron Tempatnya

Lestari99 Official Writer
6394

Ikan selalu menjadi menu andalan bagi warga pesisir pantai. Makanan sehat yang terkenal lezat ini menjadi menu sehari-hari bagi warga yang tinggal di pesisir pantai utara Jakarta, tepatnya di daerah Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Lihat saja rumah makan yang banyak berjejer di sana. Ikan tetap menjadi menu utama, baik ikan laut ataupun ikan air tawar.

Sayur pecak ikan gurame telah menjadi makanan khas Betawi tempo dulu. Dan di Marunda, sayur pecak kemudian banyak dimodifikasi menggunakan ikan lain karena harga gurame yang memang cukup mahal. Hasilnya, dengan sedikit olahan dari sang juru masak, apapun ikannya kelezatannya tetap terjaga.

Pak Maron adalah salah satu pemilik rumah makan di kawasan Marunda, tepatnya di Jalan Raya Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Tempat makannya tak pernah sepi dari pengunjung. Warung makan Pak Maron memang dikenal sebagai warung makan yang menyajikan segala sayur berbahan utama ikan dengan perpaduan kuah pecaknya. Beberapa menu utama yang dijajakan itu antara lain sayur pecak gurame, sayur pecak ikan mas, sayur pecak nila hingga sayur pecak mujair.

Tak heran mulai dari sopir truk kontainer hingga penggemar menu masakan berbahan ikan khas Betawi, selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke warung makan milik Pak Maron. Sebagian besar dari mereka mengaku ingin merasakan sayur pecak ikan buatan pria asli Betawi ini. Selain sayur pecak ikan, ikan gurame dan ikan mas yang digoreng maupun yang dibakar serta pepes ikan juga dapat ditemui di warung ini.

Kelebihan yang ada di menu sayur ikan warung pak Maron adalah masakan ikannya yang tidak amis. Rahasia resep ala pak Maron adalah melumuri ikannya dengan campuran air jeruk nipis dan garam sebelum dimasak atau digoreng. Ikan-ikan tersebut kemudian direndam atau didiamkan selama 15 sampai 30 menit.

Untuk kuah pecaknya, Pak Maron menggunakan adonan santan yang dimasak dengan racikan bumbu dapur hingga matang. Kemudian dicampur garam, gula dan cuka untuk menambah kelezatan rasanya. Sebelum diangkat, irisan tomat ditambahkan terlebih dahulu untuk dicampurkan bersama ikan hingga semua bahan matang. Hasilnya? Aroma pecak ikan buatan Pak Maron begitu harum dan menggugah selera. Racikan bumbunya juga terasa sangat lezat. Siapa saja yang pernah mencicipi pasti tidak akan lupa dengan rasanya yang membuat ketagihan.

Sayur pecak ikan Pak Maron dihargai bervariasi sesuai dengan jenis ikan yang digunakan sebagai bahannya. Untuk sayur pecak ikan harganya mulai Rp 20.000 – Rp 30.000, sementara untuk gurame goreng Rp 35.000, gurame bakar Rp 35.000. Untuk pepes ikan antara Rp 20.000 – Rp 35.000, tergantung jenis ikan pepes yang dipesan. Cukup terjangkau bukan?

Bila Anda penggemar menu ikan, tak ada salahnya bagi Anda untuk mampir ke Marunda dan menikmati sayur pecak ikan Pak Maron.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami