Sensus Papua Menemukan Suku Terasing Hidup Di Pohon

Nasional / 23 June 2010

Kalangan Sendiri

Sensus Papua Menemukan Suku Terasing Hidup Di Pohon

Lestari99 Official Writer
3867

Di tengah kemajuan perekonomian dan pembangunan di Indonesia, ternyata masih banyak bagian dari negara ini yang belum tersentuh pembangunan. Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik Provinsi Papua tahun ini, di Papua masih ditemukan ribuan jiwa suku terasing di empat kabupaten. Informasi keberadaan suku terasing ini dari para penginjil yang ada di Papua dan setelah ditelusuri ternyata terbukti kebenarannya.

Kepala Bidang Sosial BPS Papua, Suntono, mengungkapkan ada sekitar 2.868 jiwa suku terasing yang berhasil didata. Mereka ditemukan di antara batas wilayah 4 kabupaten masing-masing di Kabupaten Mappi, Yahukimo, Asmat dan Bouven Digoel. Kemungkinan masih banyak suku-suku terasing di Papua yang belum ditemukan.

Kehidupan sehari-hari suku terasing yang berhasil ditemukan itu menetap di atas pohon yang dibuat menjadi tempat tinggal menyerupai rumah. Badan mereka tidak mengenakan pakaian sehelaipun dan tidak bisa berbahasa Indonesia. Saat mendata, petugas menggunakan jasa penterjemah. Dalam memenuhi kehidupan sehari-hari, mereka memanfaatkan lingkungan hutan sekitarnya yakni dengan berburu dan memetik tumbuh-tumbuhan. Selain mengkonsumsi dedaunan dan binatang liar di hutan, mereka juga masih makan batu.

Sungguh miris melihat keadaan mereka. Padahal mereka juga saudara sebangsa yang tak dapat terus-menerus kita biarkan hidup dalam keterbelakangan pembangunan. Semoga melalui hasil temuan ini pemerintah boleh melakukan tindakan nyata memberdayakan suku terasing dalam pembangunan negeri ini.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami