Di Mesir Ditemukan Kota Berusia 3500 Tahun

Nasional / 22 June 2010

Kalangan Sendiri

Di Mesir Ditemukan Kota Berusia 3500 Tahun

Lois Official Writer
3391

Irene Mueller, arkeolog Austria telah menemukan sebuah kota Mesir kuno kira-kira 3.500 tahun, yang terkubur di bawah tanah wilayah Timur Delta Nil, tepatnya di Tell-El Dab’a, Mesir timur laut.

Menurut kepala Tim Arkeologi Austria yaitu Irene Mueller, ada sebuah anak sungai Nil yang melewati tengah kota sehingga terlihat seperti dua pulau yang dikuburkan. Selain kota kuno, juga ditemukan pelabuhan dan beberapa sumur berbagai ukuran.

Bahkan sekretaris Jenderal Benda-Benda Purbakala Mesir (SCA), Zahi Hawwas juga mengatakan bahwa citra radar juga menunjukkan garis jalan, rumah-rumah, dan kuil-kuil dari kota bawah tanah dan terlibat sebuah perencanaan kota secara keseluruhan.

“Kemungkinan besar kota kuno tersebut dikuasai oleh bangsa Avaris, yang kemudian dijadikan ibukota dinasti Hyksos, yang menguasai Mesir antara abad 1664 SM sampai 1569 SM,” kata Menteri Kebudayaan Mesir, Farouk Hosni beberapa waktu lalu.

Suatu catatan sejarah yang luar biasa bahwa kota yang berdiri sebelum Masehi ini bisa diketemukan. Mungkin akan ada banyak sejarah yang akan terungkap.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami